Lihat ke Halaman Asli

Motivasi Hidup

Diperbarui: 20 Desember 2020   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Merencanakan masa depan dengan baik itu penting sekali , karena tidak akan ada bagian -- bagian kecil yang tertinggal atau terlupakan , memberi waktu bagi kita untuk mempersiapkan diri dan mengerjakan sesuatu dengan baik , juga membuat kita selalu semangat karena ingat bahwa semua yang dikerjakan pasti menghasilkan kebahagiaan nantinnya .

Menurut saya penting dalam merencanakan masa depan , yaitu visi , misi , target & motivasi. Visi adalah gambaran luas kita terhadap masa depan sehingga kita bisa mengatur semua tindakan .  

Misi saya mau masuk Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhana.     ( STIAMAK ) karena saya ingin dapat bekerja di PT . Pelindo III , karena saya mau punya kebahagiaan dan rezeki yang melimpah .  Mungkin devinisi sukses bagi saya adalah kebahagiaan dan kemakmuran . Kalau bagiku saat ini , kesuksesan adalah mencintai diri sendiri apa yang saya lakukan dan alasan melakukannya , yaitu  untuk membantu orangtua saya .    

Target  yaitu pencapaian  -- pencapaian yang kriteria nya sudah kita rencanakan .  Kalau target terpenuhi , misi dapat  diraih . Untuk meningkatkan kemungkinan target untuk tercapai , kita perlu mendahulukan kegiatan -- kegiatan yang paling bermanfaat dan sesuai dengan aktivitas sehari -- hari yang mendukung target -- target  tersebut  .

Target yang pertama adalah prestasi akademik kedua prestasi non akademik yaitu kemenangan lomba -- lomba . Untuk mencapai target pertama aku janji ke diri sendiri akan melakukan semua  yang berhubungan dengan kuliah secara maksimal .

Motivasi adalah sesuatu yang mendorong kita agar yang kita inginkan tercapai  , dan mereka adalah orang -- orang yang bisa menyemangati , membimbing , menolong dan memberikan kita kesempatan -- kesempatan yang baik .

Kita merasakan motivasi intrinsik ketika melakukan sesuatu karena di motivasi oleh keinginan yang datang dari dalam diri sendiri . Mungkin karena itu menyenangkan atau menarik untuk dipelajari motivasi ini dibutuhkan untuk mengembangkan minat dan bakat juga untuk membahagiakan diri secara sederhana dalam kehidupan sehari -- hari . 

Motivasi ekstrinsik ini muncul ketika kita tidak suka atau nyaman melakukan sesuatu hal tapi butuh hasil yang baik . Mungkin juga karena dorongan dari lingkungan . Tapi , jangan menuruti motivasi ini secara berlebihan . Lebih baik hal -- hal yang tadinya dilakukan karena motivasi ekstrinsik dijadikan motivasi intrinsik karena semakin suka dan terbiasa melakukannya . Membuat rencana masa depan yang tepat dan cari tahu apa saja kriteria spesifik yang diperlukan dan cara untuk mendorong diri melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai keinginan .           

Merencanakan masa depan adalah kunci untuk punya hidup yang memenuhi kriteria sukses diri sendiri . Kalau kamu tidak merencanakannya orang lainlah yang akan mengambil alih . Jika ada orang tidak percaya kamu bisa meraih impianmu yang dianggap terlalu tinggi , jangan langsung dipercaya atau dibawa ke hati , perhatikan dulu orang yang beropini sebelum melihat ke diri sendiri  Sebenarnya kamu mampu untuk meraih impianmu , tapi orang -- orang disekitarmu melampiaskan ketidak percayaan mereka terhadap diri mereka sendiri kepada kamu . 

Jadi , jangan takut untuk bermimpi setinggi langit ,  ya ! mungkin atau tidak mungkin cita -- citamu untuk diraih Cuma kamu yang bisa menilai . Berhasil dicapai atau tidak dicapai cita -- citamu itu ada di tanganmu sendiri  bukan orang lain . 

"Bentuk Jati Diri ,  Kembangkan Potensi , dan Raih Semua Mimpimu ! "

(Chika andiena visizia)  

                           




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline