Lihat ke Halaman Asli

Website Sama Blog, Apa Bedanya Sih?

Diperbarui: 18 September 2023   20:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Di dunia digital, website dan blog adalah dua platform yang umum digunakan untuk komunikasi online. Meskipun keduanya digunakan untuk menyebarkan informasi, terdapat perbedaan signifikan antara kedua platform ini dalam cara pengorganisasian dan pengoperasiannya.

 Website dan blog memiliki sejumlah perbedaan yang membedakannya. Berikut penjelasan lengkap perbedaan website dan blog.

 Perbedaan antara situs web dan blog:

1. Target utama

Tujuan utama dari sebuah website adalah untuk memberikan informasi tentang suatu perusahaan atau organisasi dan mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli suatu produk atau menghubungi perusahaan tersebut secara langsung. Sedangkan tujuan utama blog adalah untuk berbagi informasi, pengalaman dan pendapat pribadi mengenai suatu topik tertentu.

 2. Frekuensi konten

Situs web sering kali memiliki konten tetap yang tidak berubah seiring waktu, seperti halaman "tentang kami" atau produk yang ditawarkan. Konten ini hanya diperbarui ketika ada perubahan signifikan pada bisnis atau organisasi. Pada saat yang sama, blog menyediakan konten dinamis yang diperbarui secara berkala, bahkan setiap hari, untuk memberikan informasi terkini tentang topik tertentu.

 3. Struktur halaman

Situs web seringkali memiliki struktur halaman yang lebih kompleks daripada blog. Selain halaman pertama, situs web mungkin memiliki beberapa subhalaman dan peta situs lain  untuk membantu pengunjung menavigasi situs. Meskipun blog seringkali memiliki struktur yang lebih sederhana dengan hanya beberapa kategori dan halaman tentang.

  4. Kesempatan berinteraksi

Situs web sering kali menawarkan peluang interaksi yang lebih terbatas dibandingkan  blog. Biasanya, website hanya memiliki halaman kontak atau formulir online yang memungkinkan pengunjung menghubungi perusahaan atau organisasi tersebut. Pada saat yang sama, blogging menawarkan banyak peluang interaksi seperti kolom komentar, berbagi konten di jejaring sosial, dan bahkan memproses ulang informasi yang dibagikan di platform lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline