Lihat ke Halaman Asli

TB1 - Pendidikan Etik UMB - Efektivitas Komunikasi dalam Organisasi - Prof. Dr, Apollo, M.Si.Ak

Diperbarui: 11 Oktober 2023   19:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Gramedia Literasi

Pengertian Komunikasi dan Organisasi

Komunikasi dan organisasi adalah hal yang tidak dapat dipisahkan. Komunikasi adalah aspek penting dalam kehidupan sehari-hari dan dalam berbagai konteks, termasuk dalam pekerjaan, hubungan pribadi, dan dalam masyarakat. Komunikasi juga dapat diartikan sebagai proses penyampaian pesan dari pihak yang satu ke pihak lain. Komunikasi dapat dilakukan baik secara tertulis ataupun tidak tertulis. Komunikasi dapat dilakukan dengan berbagai metode, seperti bicara, menulis, mendengarkan dan gerakan tubuh untuk memahami dan mengkomunikasikan ide, emosi, atau informasi antara pihak yang terlibat dalam interaksi tersebut. Nah, proses komunikasi sendiri mencakup physical action, konsep dan ide, dan teknik-teknik tertentu. Peranan komunikasi dalam organisasi yakni alat untuk menjalankan organisasi dalam mencapai tujuannya.

Organisasi adalah satuan yang terstruktur yang didirikan untuk mencapai tujuan tertentu melalui kerja sama antara anggota dan komponen-komponen lainnya. Organisasi sendiri dapat diartikan sebagai suatu sistem individu yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama melalui struktur hierarki dan pembagian kerja. Organisasi dapat berupa berbagai jenis, termasuk perusahaan, lembaga pemerintah, atau kelompok sosial lainnya. Nah, mereka memiliki struktur internal yang terorganisasi, hierarki kekuasaan, peran dan tanggung jawab, serta serangkaian prosedur dan sistem untuk mencapai tujuan mereka. Organisasi memiliki fungsi sebagai wadah untuk berbagai kegiatan, proses, dan interaksi antara individu atau kelompok yang memiliki tujuan yang sama. 

Komunikasi dalam organisasi merupakan proses pertukaran informasi, gagasan, dan pandangan antara anggota organisasi untuk mencapai  tujuan bersama. Komunikasi yang efektif sangat penting dalam mengelola organisasi. Hal ini melibatkan komunikasi vertikal(dari manajemen ke bawahab dan sebaliknya) serta komunikasi horizontal antara anggota tim atau departemen. Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kolaborasi, mengurangi konflik, dan membantu mencapai efisiensi dalam organisasi. 

Tujuan Komunikasi dalam Organisasi

Tujuan komunikasi dalam organisasi sangat penting untuk memfasilitasi berbagai aspek operasi dan mencapai tujuan organisasi secara keseluruhan. Beberapa tujuan komunikasi dalam konteks organisasi sebagai berikut:

  • Menginformasikan : tujuan utama komunikasi yakni untuk menyampaikan informasi yang relevan kepada anggota organisasi. Termasuk pengumuman berita, perkembangan, atau perubahan dalam organisasi.
  • Koordinasi : komunikasi membantu mengkoordinasikan tindakan dan keputusan di antara berbagai unit atau individu dalam organisasi. Untuk memastikan bahwa semua bagian organisasi bergerak menuju tujuan bersama.
  • Motivasi : komunikasi digunakan untuk memotivasi karyawan atau anggota organisasi dengan menyampaikan tujuan, visi, dan nilai-nilai organisasi. Hal ini dapat meningkatkan semangat kerja dan keterlibatan.
  • Pengambilan keputusan : Komunikasi memungkinkan pengumpulan informasi dan pandangan yang diperlukan untuk membuat keputusan yang baik dan strategis dalam organisasi.
  • Penyelesaian konflik : komunikasi efektif membantu dalam mengidentifikasi, memahami, dan menyelesaikan konflik dalam organisasi, mendorong kerja sama yang lebih baik.
  • Pengembangan budaya organisasi : komunikasi membentuk budaya organisasi dengan menyebarkan norma, nilai-nilai, dan etika yang dijunjung tinggi dalam organisasi.
  • Pengembangan hubungan interpersonal : komunikasi memfasilitasi pembangunan hubungan interpersonal yang baik antara anggota organisasi, yang dapat memperkuat kerjasama dan kolaborasi.
  • Evaluasi dan umpan balik : tujuan dari komunikasi juga memberikan umpan balik dan evaluasi kinerja, memastikan bahwa mereka bekerja sesuai dengan harapan organisasi.
  • Pengembangan branding dan citra : organisasi menggunakan komunikasi untuk membangun citra merek dan mendukung upaya pemasaran.
  • Kepatuhan dan keamanan : dalam beberapa organisasi, komunikasi digunakan untuk memastikan kepatuhan terhadap aturan, regulasi, dan kebijakan organisasi, serta mempromosikan keamanan di lingkungan kerja.

Tujuan komunikasi dalam organisasi seringkali saling terkait dan mendukung tujuan keseluruhan organisasi. Komunikasi yang efektif adalah kunci dalam mencapai keberhasilan dan keseimbangan dalam operasi organisasi.

 

Proses Komunikasi

Gambar Pribadi Proses Komunikasi

Proses komunikasi adalah cara informasi, gagasan, atau pesan disampaikan dari satu pihak ke pihak lain. Pada gambar 2 diatas merupakan proses komunikasi. Proses komunikasi terdiri dari beberapa langkah atau elemen yang umumnya mencakup:

1. Pengirim (Sender)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline