Lihat ke Halaman Asli

Cara Simple Memanagement Mental Health sebagai Mahasiswa

Diperbarui: 27 Oktober 2023   21:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Cara Simple Memanagement Mental Health Sebagai Mahasiswa

Kesehatan Mental atau Mental Health merupakan kondisi dimana seseorang yang berkaitan dengan kondisi emosi,kejiwaan dan psikis seseorang. Penting untuk menjaga kesehatan mental pada setiap individu, akhir akhir ini indonesia sangat krisis akan kesehatan mental samgat tinggi terutama pada kalangan remaja, sedang maraknya kejadian-kejadian bunuh diri pada remaja/mahasiswa yang disebabkan oleh depresi,gangguan mental, adanya tekanan,keluarga, pertemanan, gaya hidup  . Contohnya seperti kasus bunuh diri mahasiwa unnes tewas usai jatuh di mall paragon semarang, mahasiswa tersebut menulis sebuah surat yang berisikan permohonan maaf kepada ibunya.Nah dari sini saya akan berbagi cerita bagaimana cara saya sebagai mahasiswa memanagement mental health.

Saya sendiri adalah seorang mahasiswa menurut saya menjaga kesehatan mental itu sangat penting karena tekanan akademik, sosial, dan emosional yang tinggi dapat berdampak negatif pada kesejahteraan kita sebagai mahiswa. Kesehatan mental yang baik dapat membantu mahasiswa menjalani kehidupan kuliah dengan lebih efektif dan merasa lebih bahagia tanpa terganggu dengan masalah mental. kesehatan mental juga  dapat meningkatkan produktivitas, konsentrasi, dan kemampuan untuk mengatasi stres. Tentunya kehidupan dilingkungan kampus dan sekolah jauh berbeda. Disini saya akan membagikan cara-cara yang mudah untuk memanagement mental health sebagai mahasiswa yang pertama, saya mencoba memahami diri sendiri dengan cara meluangkan waktu untuk merenungkan perasaan,pikiran agar ketika ada gejala kesehatan mental, sudah sadar dan dapat mengambil langkah pencegahan. lalu mengenal emosi diri sendiri,saya selalu melakukan itu agar mengetahui apa yang memicu emosi tersebut dan bagaimana saya bereaksi pada emosi tersebut. Menjalin hubungan dan membangun relasi, Menjalin hubungan pertemanan yang sehat memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan mental, Memiliki teman-teman yang dapat saya percayai membuat saya merasa lebih terhubung dengan dunia di sekitar saya, Menjalin hubungan pertemanan juga bisa membantu mengurangi perasaan kesepian dan isolasi, membangun interaksi sosial yang positif dapat meningkatkan mood saya sendiri, Bicara dengan teman-teman tentang stres dan masalah sehari-hari atau cerita kehidupan dapat membantu menemukan solusi, Hubungan pertemanan yang positif dapat juga membantu belajar keterampilan sosial, yang pada gilirannya mengurangi ketegangan sosial.

Cara yang berikut nya saya selalu membuat jadwal atau membuat "To-Do List" di Handphone dan terkadang di buku harian setiap Minggunya agar bisa memanagement waktu, melalukan "To-Do List" dapat membantu mengatur aktivitas atau perkerjaan sehari hari saya seperti pekerjaan rumah, aktivitas dikampus apa saja dan lainnya. manfaat lain dari membuat jadwalnya ini juga dapat menentukan tugas mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan mana yang dapat ditangani kemudian, melakukan "To-Do List" juga dapat mengingat daftar aktivitas dan perkerjaan apa yang harus dilakukan jadi tidak akan lupa karena dicatat. Dengan "To-Do List" ,aktivitas yang saya lakukan bisa lebih efisien dalam memanagement waktu, yang pada akhirnya meningkatkan produktivitas. Jika sudah dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditulis tandai tugas yang telah selesai memberikan rasa pencapaian. Lalu dapat merasakan pencapaian atau progres melihat sejauh mana  yang sudah dilakukan, Membuat jadwal "To-Do List" adalah alat yang efektif untuk mengelola waktu dan tugas Anda, yang dapat membantu meningkatkan produktivitas dan mengurangi stres sehari-hari. Membuat jadwal To-Do liat juga dapat mengatur waktu dengan mudah dan sadar akan memanagement waktu.  Saat saya sudah tahu apa yang akan dikerjakan, maka juga bisa tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Sehingga, membuat saya memiliki estimasi waktu mengenai pekerjaan atau aktivitas yang dijalani. Manfaat To-Do List selanjutnya yaitu saya belajar dan sadar akan manajemen waktu. Karena saat membuat jadwal sendiri ini saya menuliskan rincian kegiatan yang ingin dilakukan. Nah apabila rutin membuat To-Do List ini, tentu saja hal tersebut mampu membuat saya untuk belajar mengenai manajemen waktu dengan lebih baik lagi.

Selanjutnya cara yang saya lakukan untuk memanagement mental health adalah menjaga pola hidup yang sehat. Menjaga pola hidup yang sehat memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Pola hidup yang sehat juga sangat berperan penting pada kesehatan mental contohnya seperti menjaga pola makan tidak makan makanan yang sembarangan atau tidak sehat, Konsumsi makanan seimbang yang kaya akan nutrisi, Gizi yang baik juga dapat berpengaruh kepada suasana hati atau (Mood). Istirahat yang Cukup, tidur yang cukup, Normal nya istirahat yang cukup adalah 8-9 jam seharinya, saya selalu tidur jam 10 atau jam 11 malam dan jarang bergadang saat malam hari, karena kurangnya  tidur atau beristirahat dapat memengaruhi kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Olahraga juga sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar walaupun saya hanya sesekali dalam seminggu berolahraga tidak sering saya melakukan olahraga dengan berlari dan sedikit pemanasan olahraga dirumah. Dengan menjaga pola hidup sehat adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan mental. Dapat menciptakan dasar yang kuat untuk mengatasi stres dan menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik.

Lalu untuk memanagement kesehatan mental yang saya lalukan adalah self care, Self-care pada kesehatan mental adalah tentang merawat diri sendiri dengan cermat,baik dan sadar. Karena dapat membantu menjaga keseimbangan emosional, mengatasi stres, dan menjalani hidup yang lebih bahagia dan bermakna. Self care bagi saya sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, saya suka melakukan aktivitas dan meluangkan waktu untuk berjalan-jalan dengan teman saya setiap seminggu bisa sampai 2-3 kali, ketika berjalan jalan itu biasanya saya menghabiskan dengan mengobrol dengan teman biasanya membicarakan apa yang sudah terjadi minggu belakangan terakhir,sembari berbelanja kebutuhan yang dibutuhkan saya sendiri . Dengan cara ini dapat mengurangi tekanan pikiran dan stres berlebihan ketika sedang penat. Selanjutnya  cara terakhir yang saya lakukan adalah mengatur batasan pada diri, ketahui batasan diri sendiri dan buat batasan yang realistis, Misalnya terjadi jika saat saya merasa lelah dan harus berhenti . Dan jangan ragu untuk bicara "Tidak" jika merasa sudah sampai batas kepada setiap orang . Memahami batasan diri sendiri dapat  membantu mencegah kelelahan dan stres berlebihan . Mengatur batasan pada diri sendiri juga adalah kunci untuk menjaga kesehatan mental, mempertahankan keseimbangan dalam hidup. Ini bermanfaat  untuk menjaga diri  dan menghormati diri sendiri. Sekian yang bisa saya sampaikan mengenai cara memanagement kesehatan mental sebagai mahasiswa, mohon dimaafkan bila ada salah kata sekian dan terimakasih. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline