Lihat ke Halaman Asli

Chelsea Syawalla

Mahasiswi semester 5 program studi Komunikasi

Resensi Film Kembang Api: 4 Manusia dan Rencana Rahasia Mereka

Diperbarui: 22 Januari 2024   20:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://bangka.tribunnews.com/

Film "Kembang Api" adalah karya sineas Herwin Novianto yang diadaptasi dari film Jepang berjudul "3ft Ball and Soul" garapan sutradara Yoshio Kato. Film ini tayang di bioskop mulai 2 Maret 2023. Dibintangi Marsha Timothy, Ringgo Agus Rahman, Donny Damara, dan Hanggini, film ini mengisahkan empat orang yang mencoba bunuh diri dengan meledakkan diri pakai bola kembang api. Meskipun judulnya "Kembang Api," bukan berarti film ini menyajikan cerita yang menyelipkan pesta pora kembang api. Justru film ini menceritakan sisi gelap orang-orang yang terlihat baik-baik saja, ternyata menyimpan masalah besar hingga ingin mengakhiri hidupnya sendiri. 

Film ini diadaptasi dari film Jepang yang berjudul "3ft Ball and Soul" merupakan suatu film karya Yoshio Kato. Sutradara dari film 3ft Ball and Soul, Yoshio Kato menjelaskan bahwa film tersebut diambil berdasarkan kisah nyata. Kisah nyata dibalik film tersebut itu adalah kisah tragis dan sangat personal untuknya. Film 3ft Ball and Soul ini sendiri terinspirasi dari kakak sang sutradara sendiri yang melakukan bunuh diri karena tidak mampu membayar hutang yang banyak. 

Film ini menceritakan tentang empat orang yang  masing-masing memiliki permasalahan yang berat. Fahmi yang sedang menghadapi masalah finansial, Raga yang menghadapi masalah pada dirinya sendiri, dia merasa bersalah dan tidak berguna sebagai dokter bedah karena gagal melakukan pembedahan pada pasiennya. Sukma yang tidak bisa menerima kenyataan bahwa anak laki-lakinya meninggal dunia karena kecelakaan mobil, dan Anggun yang dibully di sekolahnya dan dia selalu menutupi masalah tersebut agar tidak seorangpun di keluarganya mengetahui masalah yang Anggun hadapi. Mereka tergabung dalam sebuah grup anonymous dan menggunakan nama palsu dalam grup tersebut, mereka tidak saling mengenali satu sama lain, akan tetapi mereka memiliki latar belakang yang sama yaitu sama-sama sedang menghadapi tekanan masalah yang membuat mental mereka tidak baik. Grup tersebut memiliki rencana dan janji untuk melakukan bunuh diri bersama-sama dengan cara mereka berkumpul dan meledakkan sebuah bola raksasa yang berisikan kembang api raksasa yang telah dirakit oleh Fahmi sebelumnya. Pada film ini membawa kesan time loop dalam beberapa adegannya, salah satunya pada adegan saat mereka (Fahmi, Raga, Sukma dan Anggun) yang merencanakan bunuh diri dengan menggunakan kembang api bersama dan saat sudah memencet tombol bola kembang apinya namun setelah bola tersebut meledak, mereka kembali ke situasi awal, mereka bertemu satu-persatu dan lainnya. Awal dari kejadian tersebut hanya Fahmi saja yang menyadarinya, namun setelah time loop kedua dan ketiga terjadi baru mereka menyadari keanehannya. Mereka kembali mengulang-ulang waktu (time loop) dan mau berapa kali mereka melakukan upaya tersebut tetap hasilnya akan sama, mereka akan selalu mengulang-ulang waktu (time loop). 

Film ini membawa isu kesehatan mental dan suicide awareness, serta berhasil menarik minat anak muda sebagai bentuk rasa penasaran mereka terhadap isu kesehatan mental yang sedang naik daun. Meskipun ceritanya sederhana, film ini berhasil menyampaikan pesannya satu demi satu di setiap adegan yang ada. Dalam film ini, empat orang terjebak di waktu yang sama berkali-kali, menampilkan empat tokoh yang masing-masing punya permasalahan mental. Film ini menawarkan pesan mendalam soal kesehatan mental dengan sajian yang sederhana, ringan, dan memukau. Namun, kekurangan dari film ini adalah pencahayaan yang minimalis sehingga membuat mata sedikit lebih susah untuk memahami scene film saat itu dan kelebihan dari film tersebut adalah dengan tokoh yang sedikit tidak membuat isi dari film tersebut kurang dan para tokoh yang memainkan film tersebut sangat terampil serta bertalenta sehingga dapat mendalami peran mereka masing-masing, selain itu kelebihan film tersebut mengangkat isu yang sangat hangat di perbincangkan saat itu sehingga banyak orang dapat lebih aware dengan isu mental health. 

Film Kembang Api ini dibintangi oleh para aktor ternama Indonesia, yaitu: 

  1. Ringgo Agus Rahman sebagai Raga

  2. Marsha Timothy sebagai Sukma

  3. Donny Damara sebagai Fahmi

  4. Hanggini Purinda Retto sebagai Anggun

  5. Vino G Bastian sebagai Suami Sukma

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline