Lihat ke Halaman Asli

Penuh Inspirasi! Mahasiswa Kampus Mengajar 6 Meriahkan SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan dalam Peringatan Bulan Bahasa dan Hari Santri

Diperbarui: 14 Desember 2023   10:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(foto: dokumen pribadi)

SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan, November 2023 --- Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 dari beberapa perguruan tinggi diantaranya Charyta Putri Martianto (Universitas Sebelas Maret), Nindi Amaliyah (Universitas Sebelas Maret), Melani Fathimah Azzahra (Universitas Muhammadiyah Semarang), Mirlani Imroatun Khasanah (Universitas Veteran Bangun Nusantara), dan Rina Robbiulana Fathonah (Universitas Slamet Riyadi Surakarta) berkolaborasi menggelar serangkaian kegiatan di SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan guna memperingati Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Hari Santri dengan mengangkat tema "Menyelami Pesona Literasi Bahasa dan Al-Quran". Serangkaian kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mempromosikan, menghormati, dan mengapresiasi bahasa Indonesia serta karya-karya sastra Indonesia. Kegiatan ini juga mengajarkan kepada siswa untuk menghormati serta meningkatkan pemahaman siswa tentang peran dan kontribusi santri dalam pembangunan negara dan agama.

lomba tahfidz (foto: dokumen pribadi)

cerdas cermat ranking 1 (foto: dokumen pribadi)

Dalam rangkaian kegiatan, diselenggarakan beberapa lomba kreatif seperti cipta cerpen, baca puisi, mendongeng, membuat poster digital, dan cerdas cermat rangking 1, serta lomba keagamaan seperti lomba adzan, lomba tahfidz, lomba tartil, dan lomba kaligrafi. Peserta yang berprestasi di masing-masing kategori dipilih untuk mendapatkan gelar juara terbaik. Lomba tersebut tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sarana untuk mengasah kemampuan dan kreativitas siswa.

pembuatan kerajinan yang berbasis buku bacaan (foto: dokumen pribadi)

gelar karya (foto: dokumen pribadi)

Adapun kegiatan lainnya yang menarik perhatian adalah gelar karya, di mana siswa-siswi memamerkan hasil kerajinan tangan mereka. Uniknya, cara pembuatan kerajinan tersebut didasarkan pada bacaan buku kerajinan yang mereka pinjam di perpustakaan SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan. Hal ini menunjukkan pentingnya literasi dalam mengembangkan keterampilan dan keahlian, sekaligus menggali potensi kreativitas dari bahan bacaan yang dijangkau.

Peringatan ini bukan hanya sekedar ajang perlombaan dan pameran karya, melainkan juga momentum untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan siswa. Tim Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 di SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kepada siswa-siswi untuk terus mengembangkan keterampilan literasi dan kecintaan pada bahasa serta sastra Indonesia.


Dengan semangat kebersamaan, Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Hari Santri di SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan berhasil menciptakan suasana yang penuh semangat, memperkokoh rasa kebersamaan, dan menggugah minat siswa untuk lebih mendalami literasi bahasa dan Al-Quran.

(foto: dokumen pribadi)

Sebagai penutup, peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Hari Santri ini tidak hanya meninggalkan kenangan indah, tetapi juga meninggalkan dampak positif dalam upaya memperkuat literasi, kecintaan pada bahasa, dan pemahaman akan nilai-nilai keagamaan di kalangan siswa SMP Muhammadiyah 3 Karangpandan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline