Lihat ke Halaman Asli

Elektabilitas Ahok “Sangat Rendah”

Diperbarui: 11 Maret 2016   07:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 [caption caption="Daeng Azis sang Gentlemen (Sumber foto: www.jabarpublisher.com)"][/caption]

Ada dua lembaga survey yang melakukan studi tentang elektabilitas Ahok, yaitu
Lembaga Survei Kedai KOPI dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS). Kedua duanya menghasil data bahwa angka elektabilitas Ahok “sangat rendah”

Berdasarkan hasil survey Kedai KOPI, Ahok memiliki tingkat keterpilihan 42,3 persen, sementara CSIS menyatakan angka elektabilitas Ahok adalah 43 persen. Untuk seorang “incumbent” atau pertahana atau yang sedang megang kekuasaan, angka ini “sangat rendah”

Lebih jauh dapat dikatakan bahwa Ahok “tidak istimewa” di mata warga DKI. Kasarnya, warga DKI “malu” punya gubernur seperti Ahok. Sangat terbalik dengan apa yang digembar gemborkan oleh media. Hampir 24 jam, media (elektronik, digital, cetak, audio) teriak teriak bahwa Ahok di “atas angin” atau Ahok akan menang telak lawan siapapun.

Di tempat lain, kalau kepala daerah yang sedang berkuasa mendapat angka elektabilitas di bawah 50%, artinya adalah bahwa sang kepala daerah yang akan mencalonkan diri untuk kedua kali harus berpikir ulang. Ini juga tanda bahwa si kepala daerah harus siap siap angkat koper meninggalkan rumah dinas walikota, bupati atau gubernur.

Hanya sebagai pembanding, Risma setahun sebelum pilkada kedua kota Surabaya, elektabilitasnya 85%. Kemudian, sebulan sebelum Pilkada kedua, elektabilitas Risma meningkat menjadi 87%. Angka ini dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan elektabilitas Ahok yang cuma 42 %.

Dengan modal elektabilitas Ahok yang cuma 42%, ada peluang besar, yaitu: siapapun bisa mengalahkan Ahok. Jangan jangan, Daeng Azis pun bisa mengalahkan Ahok.

Apalagi, kalau Daeng Azis meminjam “tim sukses” dari Babel yang tentu saja siapapun tahu bahwa Ahok KALAH di kampungnya sendiri. Dan mereka SANGAT tahu bagaimana cara MENGALAHKAN Ahok !!.

Orang Babel kok dilawan !!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline