Lihat ke Halaman Asli

Di Mana Rasa Nasionalis Indonesia?

Diperbarui: 24 Juni 2015   12:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

baru baru kita warga indonesa, baru saja kehilangan sosok pahlawan H Taufiq Kiemas, yang menjadi salah satu pengaruh besar dalam kemajuan bangsa ini, saat beliau meninggal, presiden RI mengintruksikan warga negaranya untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang. Tapi sangat disayangkan bahwa warga negara kita sudah punah rasa nasionalis terhadap pahlawan dan negara ini, saya mencoba berkeliling ke komplek2 dan ke jalan jalan besar yang ada di ibukota, tapi mereka hanya sedikit yang melakukan intruksi presiden, memasang bendera setengah tiang. Apa mereka tak tahu, intruksi presiden itu? apa mereka tak tahu siapa yang baru saja meninggal? apa mereka tak lagi peduli terhadap pahlawan kita ini?

tahun lalu pada tanggal 17 agustus juga hanya beberapa rumah saja yang mengibarkan bendera kebanggan kita merah putih, di kompek rumah saya. sedih rasanya..

memang saya tak hidup dijaman penjajahan, tapi saya  bisa membanyangi  bagaimana mana rasanya dijajah dan sulitnya merebut kemerdekaan 350 tahun untuk bisa mengibarkan bendera merah putih secara bebas, merebut wilayah dari sabang hingga merauke, itu sangat jauh. belum tentu kita manusia jaman sekarang bisa merebut wilayah sebesar ini. hormati dan hargailah pahlawan sekecil apapun, tanpa mereka, kita tak mungkin bisa bebas seperti ini, kembalilah rasa nasionalisme kita terhadap negara dan pahlawan kita, dan bawalah nama INDONESIA ke dunia luar sana, agar mereka tahu INDONESIA adalah negara yang memiliki remaja dengan rasa nasionalis yang tinggi terhadap negara ini. hormati dan hargailah UUD45, PANCASILA dan lagu INDONESIA RAYA. ayo pemuda dan remaja indonesia, bangkitlah, dan tunjukan nasionalisme kalian terhadap tanah air INDONESIA

TAK ADA PENGORBANAN YANG SIA SIA, DAN HARGAILAH PENGORBANAN SEKECIL APAPUN ITU. saya charlie salam remaja indonesia.

@charlieevander




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline