Lihat ke Halaman Asli

charles dm

TERVERIFIKASI

charlesemanueldm@gmail.com

Bila Sepak Bola Sulit Bawa Indonesia ke Piala Dunia, Apakah Futsal Bisa Mewujudkannya?

Diperbarui: 13 April 2022   03:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Evan Soumilena (kiri) vs Kritsada Wongkaeo (kanan) dalam babak penyisihan Grup A Piala AFF Futsal 2022, Indonesia vs Thailand.(Dok. FFI via PSSI/kompas.com)

Bagi Anda yang mengikuti sepak terjang tim putra Indonesia di ajang Piala AFF Futsal 2022, tentu akan sepakat dengan saya.

Bukan semata-mata soal nasionalisme buta bahwa kalah atau menang negara kita tetap nomor satu. Perjuangan mereka memang patut kita apresiasi tinggi. Kita layak angkat topi tinggi-tinggi untuk mereka yang nyaris meruntuhkan dominasi Thailand di turnamen tersebut.

Perjalanan tim Merah Putih yang ditangani Mohammad Hashemzadeh asal Iran sejak pertandingan pertama hingga laga final di Indoor Stadium Huamark, Bangkok, Minggu (10/4/2022) lalu begitu mengesankan.

Indonesia menorehkan hasil hampir sempurna sepanjang babak penyisihan Grup A yang dihuni tuan rumah Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Kamboja. Di pertandingan pertama, Sunny Rizky dan kawan-kawan melumat Brunei, 12 gol tanpa balas.

Indonesia membuat Malaysia bertekuk lutut di laga kedua dengan skor 5-1. Kamboja pun ikut menjadi korban keganasan Indonesia dengan kekalahan mencolok 11-2.

Kemenangan telak di pertandingan pamungkas grup ini memang belum cukup meloloskan Indonesia ke semifinal sebagai juara grup. Sebab, di pertandingan ketiga, Indonesia yang sempat memimpin dua gol atas sang juara bertahan akhirnya harus puas dengan skor imbang 2-2.

Indonesia dan Thailand sama-sama mengemas 10 poin, hasil dari tiga kemenangan dan sekali seri. Namun, tim Gajah Perang unggul selisih gol atas Indonesia yakni 31 berbanding 25.

Di babak semifinal, kedigdayaan skuat Garuda tak mampu dibendung Myanmar. Kemenangan mencolok 6-1 pun mengantar Indonesia ke partai pamungkas, menghadapi Thailand yang di babak semifinal menang dengan skor tipis, 3-1 atas Vietnam.

Tanpa mahkota

Timnas Futsal Indonesia jadi  runner-up Piala AFF 2022: dok. PSSI. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline