Lihat ke Halaman Asli

Metode Cepat Baca Al-Qur'an Sistem 9 Jam

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13991204042036202959

[caption id="attachment_305894" align="aligncenter" width="300" caption="Dok. Pri"][/caption]

“MembimbingAl-QuranHinggaKe PelosokNegeri

MUImenyebutkanbahwa80%pendudukMuslimdi Indonesia belum mampu membaca Al-Qur’an, yakni
sebanyak165, 746 jutajiwa. Usia    0-15    tahun    sebanyak    67,212    juta    jiwa, belum/sedang belajar di TPA/TPQ. sisanya, sebanyak 98,534 juta jiwa tidak belajar sama sekali.

MAKNA: Secarabahasakataburhanberartiargumentasi yangjelasdanterpilah untukmemperolehkebenarandanpengetahuanmelaluiprosesberfikir. Burhanysangatmenekankanprosesdanperanananalisisrasional(al-Qiyas,al- Jami’) untuk memperoleh pengetahuan sekaligus sebagai suatu kebenaran.

METHODE: Burhany merupakan sebuah methode cepat membaca al-Qur’an dan mempelajari ilmu tajwid dengan sistem 9 jam. Disusun secara matematis, agar memudahkan dalam penalaran. Lebih menekankan pada proses, bukan pada kecerdasan seseorang. Sehingga, siapapun bisa mempelajarinya.

PROGRAM: BurhanyadalahsingkatandariBimbinganAl-Quran HarapanIndonesia.Merupakansebuahprogram tebarkemanfaatan cepatmembacaal-Quranhinggake pelosoknegeri. Dengan3pilar (Guru-Relawan-Pewakaf),Burhanydiharapkanmenjadi harapanbaru bimbinganal-Qurannegeriini.

[caption id="attachment_305895" align="aligncenter" width="300" caption="Dok. Pri"]

13991205691950489061

[/caption]

Kitab Burhany terdiri dari 48 halaman dan dapat diklasifikasikan menjadi 3

kelompok.Kelompok1mulaihal1-13,kelompok2mulaihal14-30,kelompok3 mulai hal 31-48.

Hal 1-13:Pengenalanhuruf Hijaiyah.Amati bentuknya,dengarkanbunyi hurufnya,tirukandenganlantang. (Semuanya dibaca pendek)

Hal 14-15:Pengenalan harakat fathah- kasrah- dhommah.

Hal 16-17:Pengenalan tanwin. Biasakanpengucapannya.

Hal 18-22:PengenalanMadThabii danMadLayyin. Berlatihlan untuk membedakanpanjangdanpendek.

Hal 23-26:Pengenalan huruf mati atausukun.

Hal 27-30:Pengenalan tasydiid.

Hal 31      :Pengenalan lamtebal (tafkhim) danlamtipis (tarqiq) Hal 32-38:Pengenalan hukum nun sukun dantanwin.

Hal 39-40:Pengenalan Mad denganpanjang4-6harakat.

Hal 41      :Pengenalan mim sukun.

Hal42-44: Pengenalan cara bacawaqaf.

Hal 45      :Idghom Mutamatsilan-Mutajanisain-Mutaqaribain. Hal 46-47:Latihan

Hal 48      :Pengenalan tanda waqaf.

[caption id="attachment_305897" align="aligncenter" width="300" caption="Dok. Pri"]

13991210581339508268

[/caption]

KLASIFIKASI BENTUK

1. Klasifikasi Bentuk

a.      Guru menjelaskan dan memahamkan bentuk huruf yang akan diajarkan. Misal, huruf يseperti bebek,dll.

b.     Mintalahsantriuntukmengklasifikasikanbentukhuruf.Misal:Ani, huruf ya’sama seperti bentukapa?

2. Mendengar dan mengulang (Tasmi’ dan Takrir)

a.    Guru membacaseluruh halaman dansantri mendengarkan.

b.    Guru membacaper kata,santri menirukan.

c.    Santri membaca,guru menyimak.

3. Pembiasaan

a.    Santri membacaberulang-ulang.

b.    Santri membaca bergiliran

[caption id="attachment_305899" align="aligncenter" width="300" caption="Dok. Pri"]

1399121192476538917

[/caption]

TARGET PENGAJARAN

Dewasa dan Remaja:

Bimbingan baca Al-Quran

a.   9kalipertemuan

b.   Per pertemuan 4-6halaman

Anak-anak:

Bimbingan baca, tulis, dan hafalan Al-Quran

a.   Dibagi 3kelompok, Burhany 1, 2, dan 3

b.   Masing-masingkelompok32pertemuan

c.   Targethafalan Q.S.An-Naas – AlLail



KOMENTAR TOKOH

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline