Lihat ke Halaman Asli

Chanun Nur Faizah

Mahasiswa Universitas Airlangga

Memanfaatkan Aplikasi Tiktok sebagai Ajang Promosi Usaha di Era Pandemi

Diperbarui: 1 Juni 2022   16:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

talenteo.fr

Era pandemi suatu hal yang berat bagi semua orang sebab di tahun itu kita dihadapkan dengan pandemi COVID-19. Di tahun itu kita juga belajar untuk membiasakan diri untuk hidup di masa pandemi. Pandemi yang masih belum diketahui kapan akan berakhir ini menjadikan kita untuk siap menjalani segala aktivitas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan pememrintah. 

Dalam hal ini, semua aspek kehidupan perlahan mulai mengalami perubahan dari yang biasanya kita menjalani hidup serba offline tiba-tiba menjadi online. Hingga pada akhirnya masyarakat kini sudah terbiasa menjalani kegiatan menggunkan media online untuk memenuhi segala kebutuhannya.

Pemerintah pun menghimbau untuk melakukan segala aktivitas tetap di rumah. Sehingga, banyak aktivitas yang dilakukan diluar berkurang demi menjaga kesehatan dan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Dampak besar yang dihasilkan dari pandemi ini pun sangat terlihat jelas, seperti pada sektor produksi usaha barang dan jasa, serta terhadap kondisi perkenomian di Indonesia yang menurun.

Dalam hal ini, produsen harus mencari cara untuk tetap menstabilkan penjualan produk usaha karena keadaan memaksa untuk menjalankan segala aktivitas tetap dirumah, maka dengan memanfaatkan media social, seperti TikTok. TikTok adalah salah satu platform paling populer saat ini. Sebagai media sosial, TikTok menyediakan cara untuk berbagi berbagai konten kreatif, video challenge, lypsinc, lagu, menari, menyanyi, dan lainnya. 

Sehingga, dengan banyaknya pengguna TikTok  akan membuka peluang sebagai media sarana promosi. Apalagi di era pandemi yang semua kegiatan harus dilakukan secara online, sehingga dengan adanya aplikasi ini dapat membantu sekian banyak masyarakat untuk meperkenalkan usahanya dengan mudah. 

Tiktok juga memberikan kemudahan dalam kegiatan  promosi yaitu tidak memerlukan biaya yang tinggi, tidak memerlukan tenaga yang banyak,  dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, dan dapat dijangkau oleh banyak orang.  Selain itu bisa menjaga jarak dan tidak berkontak fisik dengan banyak orang.

Strategi promosi yang dilakukan dengan aplikasi Tiktok ini biasanya dengan melakukan upload video secara rutin sehingga lebih banyak orang yang akan mengunjungi akun usaha yang kita miliki. Semakin banyak video yang diunggah maka membuka peluang konsumen untuk menonton dan jika sudah semakin banyak konten anda dilihat maka strategi yang lain adalah dapat diberikan iklan sehinggan promosi yang anda tawarkan dapat dilakukan dan ditargetkan.  

Selain itu, algoritma yang disajikan Tiktok ini berdasarkan kebutuhan dan minat pengguna Tiktok, sehingga dengan menggunakan Tiktok ini akan memudahkan produsen dalam melakukan promosi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline