Lihat ke Halaman Asli

Sumire Chan

www.rumpunsemesta.wordpress.com

Balong Ledok: Alternatif Wisata Alam Jelang Puasa

Diperbarui: 1 April 2022   06:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Dokumen Pribadi

Dimanapun dan bagaimanapun, tempat wisata akan menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi siapapun. Menjelang puasa, tempat wisata menjadi sebuah lokasi yang dicari-cari bagi para penikmat liburan baik untuk sekedar healing demi mengurangi pening akan kesibukan dalam keseharian maupun menjalankan sebuah tradisi makan-makan sebelum puasa yang di beberapa daerah dikenal dengan istilah "papajar". 

Namun demikian, saat memasuki moment tersebut beberapa tempat wisata dengan view yang indah akan banyak dikunjungi. Kondisi berdesak-desakan atau bahkan berebut tempat akan didapatkan dalam sebuah pemandangan wisata yang dikunjungi. Maksud hati untuk healing pun berubah menjadi pusing.

Balong ledok yang terletak di kecamatan Takoksk  kabupaten Cianjur bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang menginginkan wisata alam yang masih murni dengan kondisi alam pedesaan yang sangat segar. Alternatif solusi bagi Anda yang rindu dengan kondisi udara yang segar tanpa polusi dan ramah di kantong. Dengan harga tiket tiga ribu saja, Anda sudah dapat menikmati suasana pedesaan yang sangat khas. 

Beberapa fasilitas lainnya juga ditawarkan  seperti memancing, terapi ikan dengan tarif lima ribu juga kolam renang untuk anak dengan tarif tiga ribu. Di saat beberapa wisata kolam renang yang menawarkan harga berpuluh-puluh ribu, maka balong ledok hanya mematok tarif dengan sangat ramah. 

Fasilitas gazebo pun akan Anda dapatkan untuk berkumpul bersama rekan, teman ataupun kerabat tercinta. Kemudian jika Anda ingin menambah sebuah kehangatan dalam keakraban sebuah nyanyian, Anda bisa menyewa panggung pentas disertai fasilitas musik dan organ tunggal yang sudah disediakan. Untuk mendapatkan fasilitas ini, Anda hanya perlu menambah 100-300 ribu bergantung dengan lamanya waktu yang digunakan.

Dokpri

Kecamatan Takokak dikenal dengan kondisi udaranya yang dingin. Begitu pula dengan Balong Ledok, sesekali hawa dingin disertai angin sepoi menjalari kesejukan suasana alam yang begitu indah. 

Sayangnya, Takokak yang merupakan bagian dari wilayah Cianjur Selatan masih diwarnai prasarana jalan yang belum mumpuni. Pemerintah setempat belum menyimpan perhatian yang serius dalam perbaikan jalan. Kondisi jalan berlubang, berbatu, tanah yang licin juga berdebu di beberapa titik banyak ditemukan sehingga menghambat perjalanan. 

Dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Cianjur kota untuk bisa sampai di sana. Dan jika Anda mengambil arah dari jalur Sukabumi akan lebih dekat ditempuh dalam waktu hanya kurang lebih 2 jam saja. 

Meskipun demikian, setelah Anda sampai di Balong Ledok. Semua akan terbayar dengan sejuknya udara, harga tiket yang murah, dengan pemandangan alam yang indah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline