Lihat ke Halaman Asli

TMII Sebagai Museum Terbesar Inspirasi Peradaban Bangsa

Diperbarui: 24 Juni 2015   16:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1364106075351773028

Jika kita mendengar kata museum, apa yang ada di pikiran kita? sesuatu yang membosankan? Tetapi yang aneh, mengapa di luar negeri museum sangat sering dikunjungi dibandingkan di Indonesia.

Sewaktu kecil beberapa kali sekolahku mengajak murid-muridnya ke museum, hanya saja masih terasa kurang menurutku, tadi saya sempat berbincang dengan blogger senior mba Indah Juli, beliau berkata jika di Singapur murid-murid berbondong-bondong ke museum, terlepas dari paksaan dari sekolah atau tidak hal itu saya nilai sebagai sesuatu yang positif.

Museum di Indonesia kurang terawat menurutku, saya seringkali datang ke beberapa museum di Bogor, tetapi pendapat saya hilang ketika saya  ke Museum Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) banyak informasi yang bisa saya lihat di sana mengenai kebudayaan-kebudayaan bangsa Indonesia.

1364105852581319331

Museum Indonesia

Tidak terasa TMII sudah berusia 38 tahun, usia yang cukup matang sebagai museum terbesar di Indonesia. Saya terakhir kali datang kesini ketika masih duduk di Sekolah Dasar, saat itu kami nonton di Keong Emas.  Taman Mini merupakan gagasan pembangunan suatu miniatur yang memuat kelengkapan Indonesia dengan segala isinya ini dicetuskan oleh Ibu Negara, Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. Suatu langkah yang brilliant menurutku karena kita bisa mempelajari sejarah dan kebudayaan bangsa Indonesia hanya dengan mengunjungi suatu tempat.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun TMII ke - 38 pada tanggal 20 April 2013, maka berbagai acara menarik akan diadakan di berbagai tempat di TMII. Dengan mengusung tema "Museum dihatiku", selama satu bulan penuh TMII akan diliputi kemeriahan acara - acara yang akan berlangsung, seperti diantaranya:

·Gelar Gita Natya Nusantara

·Parade Busana Daerah Tingkat Nasional ke - V

·Citra Budaya Tradisi

·Baskara Gajah Mada – Pagelaran Drama Tradisional Gajah Mada

·Pameran Permainan Tradisional

·Pameran Seni Rupa

·Launching Film baru di Teater Imax “Keong Emas”

·Rekor MURI: Masakan Ikan dengan aneka bumbu terbanyak

·Wedding Expo 2013

·Lomba merangkai bunga dan Pameran Batik

·Gelar Tari Kolosal Exotica Borneo

·Pawai Budaya Nusantara

·Festival Kuliner William Wongso

·Dll.

Untuk informasi lebih lengkap bisa menghubungi TMII: 021 87792078 / www.tamanmini.com

Harapan saya museum di daerah-daerah dibuat lebih nyaman untuk dikunjungi, salah satunya dengan dipasang AC dan juga fasilitas Free Wifi seperti yang dilakukan oleh Museum Indonesia dengan Free Wifi dari Indosat. Selain itu harapan saya isi dari museum itu juga lebih diperhatikan, semisal saya kesulitan mempelajari kujang bogor, senjata khas daerah Jawa Barat, atau mengenai Batik Pajajaran/ Batik Bogor.

Saya percaya dengan museum yang semakin baik, maka pengunjung pun akan semakin berdatangan. Hal lain adalah perhatian dari pemerintah khususnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan, ayo ajak murid-murid untuk mengunjungi museum sebagai sesuatu hal yang wajib, sehingga mereka dapat mengetahui sejarah dan budaya bangsa.

Sebuah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Jas Merah seperti kata Sukarno, Jangan Sekali-kali meninggalkan sejarah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline