Lihat ke Halaman Asli

chandra honda

penjual mobil honda

Raih Pertumbuhan Penjualan Tertinggi di 2014, Honda Naik ke Posisi 3 di Pasar Otomotif Indonesia

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Raih Pertumbuhan Penjualan Tertinggi Di 2014, Honda Naik Ke Posisi 3 Di Pasar Otomotif Indonesia

20 January 2015 Raih Pertumbuhan Penjualan Tertinggi Di 2014, Honda Naik Ke Posisi 3 Di Pasar Otomotif Indonesia Jakarta, 19 Januari 2015 – Honda mengalami pertumbuhan penjualan sebesar 174%, yaitu dari 91.493 unit pada tahun 2013 menjadi 159.147 unit di tahun 2014 ini. Pertumbuhan penjualan yang dicapai Honda tersebut merupakan yang tertinggi dibanding lima besar merek otomotif lain di Indonesia, sekaligus mengangkat posisi Honda di pasar otomotif Indonesia menjadi dari posisi kelima di tahun 2013 menjadi posisi ketiga di akhir tahun 2014. Angka penjualan yang dicapai Honda di tahun 2014 lalu juga menjadi rekor penjualan tertinggi bagi Honda sepanjang sejarahnya di Indonesia. Selain itu, jumlah tersebut juga meningkatkan pangsa pasar Honda di pasar otomotif Indonesia, yaitu dari 7,4% di akhir tahun 2013 menjadi 13,2% di akhir tahun 2014. Kontribusi terbesar terhadap peningkatkan penjualan Honda di tahun 2014 datang dari kelas LMPV, dimana pada tahun lalu Honda memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Honda Mobilio. Sepanjang tahun 2014, Honda Mobilio meraih total penjualan sebesar 79.288 unit, dengan pangsa pasar sebesar 22% di segmen LMPV. Setelah Honda Mobilio, Honda Brio Satya menjadi penyumbang terbesar berikutnya dengan total penjualan sebesar 26.683 unit di tahun 2014. Produk Honda di kelas LCGC ini meraih pangsa pasar sebesar 16% di kelasnya pada tahun 2014. Sementara itu, New Honda Brio menjadi market leader di kelas city car dengan meraih total penjualan sebesar 12.010 unit di tahun 2014, dan pangsa pasar sebesar 27% di kelasnya. Honda Jazz, yang model terbarunya baru diluncurkan di bulan Juni 2014, meraih total penjualan sebesar 22.329 unit di tahun 2014. Honda Jazz juga menjadi market leader di segmen Hatchback dengan pangsa pasar sebesar 39% di kelasnya. Honda CR-V mencatat total penjualan sebesar 8.551 unit di tahun 2014, dengan pangsa pasar sebesar 16% di kelas SUV. Honda Freed meraih total penjualan sebesar 6.517 unit di tahun  2014, dengan pangsa pasar sebesar 8% di kelas MPV. Sedangkan Honda Odyssey terjual sebanyak 642 unit di tahun 2014, dengan pangsa pasar sebesar 10% di kelas Upper MPV. Dari segmen sedan, Honda City mencatat total penjualan sebesar 1.983 unit di tahun 2014, dengan pangsa pasar sebesar 46% di kelas mini sedan. Honda Civic mencatat total penjualan sebesar 630 unit di tahun 2014, dengan pangsa pasar sebesar 23% di kelas small sedan. Honda Accord mencatat total penjualan sebesar 395 unit di tahun 2014, dengan pangsa pasar sebesar 8% di kelas medium sedan. Sementara Honda CR-Z mencatat total penjualan sebesar 119 unit di tahun 2014 , dengan pangsa pasar sebesar 26% di kelas sport sedan. Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Ekspansi pasar Honda khususnya di kelas LMPV dengan memperkenalkan Honda Mobilio sukses mengangkat penjualan Honda di tengah kondisi pasar yang cenderung stagnan di tahun 2014 lalu. Selain itu, penyegaran terhadap produk-produk yang dilakukan tahun lalu juga ikut menjaga pasar tetap segar. Dengan produk baru di tahun 2015, seperti Honda CR-V yang baru diluncurkan serta Honda HR-V yang akan segera dikirimkan ke konsumen di akhir Januari ini, kami percaya dapat meneruskan tren penjualan yang positif bagi Honda.”

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline