Lihat ke Halaman Asli

Marketing Lewat Blog | Chandra Ekajaya

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Chandra Ekajaya Blog Marketing


Chandra Ekajaya adalah seorang blogger sekaligus marketer yang mulai memasuki dunia blog. Chandra Ekajaya menyadari bahwa dunia blog kian berkembang di negeri ini dan tidak dapat dianggap sebelah mata. Selain informasi dari blog cepat tersebar, biayanya pun relatif murah atau dapat gratis. Hal ini dimanfaatkan Chandra Ekajaya dalam memasarkan produk-produknya.

Chandra Ekajaya kali ini ingin menginspirasi para marketer lain untuk memulai kampanye marketingnya lewat blog. Pertanyaan selanjuinya bagaimana sebuah blog dapat dilihat banyak orang. Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa yang paling penting dalam memasarkan di dunia blog ada 2 hal, yaitu pengoptimalan di mesin pencari dan komunitas.

Hal penting pertama dari Chandra Ekajaya yaitu keterampilan pengoptimalan mesin pencari sangatlah mutlak dibutuhkan oleh seorang yang ingin memasarkan produknya di blog. Jika blog kita teroptimasi dengan baik. Maka blog kita dapat tampil di halaman depan berbagai mesin pencari yang populer untuk kata kunci produk kita.

Jika blog kita bisa berada di halaman pertama di berbagai mesin pencari terpopuler, itu akan sangat menguntungkan kita. Kita tidak perlu memasang iklan lagi dan mencari calon pembeli secara aktif. Hal ini sangat menguntungkan menurut Chandra Ekajaya, karena calon pembeli anda yang akan menghubungi anda setelah membaca artikel anda tersebut. Jadi anda sudah dapat menghemat biaya telekomunikasi. Selanjutnya seseorang yang mencari di mesin pencari memasukkan kata kunci produk anda tentunya adalah orang yang menginginkan untuk membeli atau minimal mencari informasi tentang produk anda. Hal ini sangat berarti buat chandra ekajaya. Karena artikel anda akan dibaca oleh orang yang tepat yaitu calon pembeli kita.

Hal penting kedua dituturkan oleh chandra ekajaya adalah komunitas online. Sekarang ini sudah banyak komunitas-komunitas yang bergerak secara online. Chandra Ekajaya sangat menyukai sistem marketing melalui komunitas oniine ini karena sangat spesifik dan sangat tertarget ke calon pembeli. sSelain itu kita tidak perlu memakan waktu lama untuk menyebarkan informasinya. Tidak seperti mengoptimalkan di mesin pencari yang membutuhkan waktu. Chandra Ekajaya menyebutkan banyak komunitas-komunitas online yang tersebar sekarang seperti facebook, kaskus, forum. detik, kompasiana, yahoo group, google group, dan lain lain.

Dengan melakukan dua hal yang chandra ekajaya sebutkan tadi, diharapkan seorang marketer atau seorang pebisnis dapat menghemat biaya promosinya serta waktu. Seorang pebisnis atau marketer dapat memasarkan produknya dalam waktu yang sangat singkat. Semoga artikel dari Chandra Ekajaya ini berguna bagi pembaca kompasiana.

- Chandra Ekajaya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline