Tahapan menciptakan Program Kebajikan
Berdasarkan Diskusi Kelompok pada tanggal 09 Desember 2022 kami bersama teman-teman kelompok CGP angkatan 135 Kabupaten Trenggalek mengadakan diskusi terkait keyakinan kelas halaman 3 tahapan menciptakan program kebijakan
- Menganalisis daftar kebijakan pada pembelajaran 2.1 yaitu
a. Profil Pelajar Pancasila
- Beriman bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa (pembiasaan berdoa sebelum kegiatan)
- Mandiri (budaya literasi)
- Bernalar kritis (memberikan ide atau gagasan)
- Berbhineka global (menyanyikan lagu wajib nasional)
- Gotong royong (diskusi atau Jumat bersih)
- Kreatif ( membuat project)
b. IBO
Sikap murid
- Toleransi (menghargai atau menghormati teman yang berbeda agama)
- Rasa hormat (menghargai pendapat orang lain)
- Integritas (cinta tanah air mengikuti upacara)
- Mandiri (mengerjakan tugas tepat waktu)
- Menghargai (memberi dukungan kepada teman)
- Antusias (menyampaikan pendapat)
- Empati (menolong teman)
- Keingintahuan ( menggali informasi dari sumber informasi)
- Kreativitas (pembuatan hasil karya)
- Kerjasama (melaksanakan belajar kelompok atau diskusi)
- Percaya diri (berani tampil di depan kelas)
- Komitmen ( tidak berpengaruh dengan lingkungan yang negative)
c. Sembilan Pilar Karakter (Indonesian Heritage Foundation/IHF)
- Cinta Tuhan dan segenap ciptaanNYA ( Saling menyayangi dan mengasihi )
- Kemandirian dan Tanggung jawab ( kemandirian dalam mengerjakan tugas )
- Kejujuran (Amanah), Diplomatis ( Tidak menyontek, tidak berbohong, tidak mencuri )
- Hormat dan Santun ( menghormati peritah guru / orang yang lebih tua )
- Dermawan, Suka Menolong dan Gotong Royong ( melaksanakan kegiatan infak)
- Percaya Diri, Kreatif dan Pekerja Keras ( mampu memberikan ide atau gagasan di depan kelas )
- Kepemimpinan dan Keadilan ( menjadi contoh rekan sejawat)
- Baik dan Rendah Hati ( tidak sombong dan angkuh )
- Toleransi, Kedamaian dan Kesatuan ( saling menghormati sesame teman )
d. Petunjuk Seumur Hidup dan Keterampilan Hidup (LIfelong Gu...
Keterampilan Hidup
Dapat dipercaya ( tepat waktu dalam mengerjakan tugas )
Lurus Hati ( tidak mudah terpengaruh )
Pendengar yang Aktif ( memberikan respon yang potif )