Lihat ke Halaman Asli

KKN Universitas Negeri Malang Membantu Meningkatkan Pengetahuan Teknologi bagi Anak-anak Desa Kampunganyar

Diperbarui: 8 Juli 2021   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pembelajaran daring menuntut peserta didik untuk lebih banyak menggunakan teknologi. Selama ini, penggunaan teknologi di Desa Kampunganyar terpaut pada ponsel saja dan sangat minim sekali memanfaatkan laptop. Laptop memiliki banyak manfaat untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Salah satunya adalah menggunakan Microsoft Word untuk mengerjakan berbagai tugas. Sebagai bentuk upaya dalam memperkenalkan Microsoft Word kepada anak-anak, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan program kerja pengajaran Microsoft Word kepada anak-anak di Desa Kampunganyar.

Kegiatan pengajaran dilakukan di Dusun Rejopuro pada hari Senin (28/06/2021) dan hari Rabu (30/06/2021) yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar (SD) kelas 3 sampai dengan kelas 6. Kegiatan ini diawali dengan perkenalan peserta dan mahasiswa KKN UM. Materi dimulai dari bagaimana menghidupkan laptop hingga membuka Microsoft Word yang dipandu oleh Nailufar Zahiroh dan Chandra Puspita. 

Fitur-fitur Microsoft Word yang diperkenalkan kepada mereka adalah cara mengganti font, ukuran font, menebalkan tulisan (bold), tulisan bercetak miring (italic), menggarisbawahi tulisan (underline),  menyorot tulisan (highlights), dan mengganti warna font. Selain itu, mereka juga diajarkan bagaimana caranya menambahkan gambar. Kemudian panitia memberikan kertas yang berisikan satu paragraf cerita untuk diketik sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan. Kegiatan pengajaran diakhiri dengan permainan tebak gambar untuk mengusir kebosanan.

Pada hari kedua, kegiatan pengajaran yang dipandu oleh Isna Lutfiana dan Chandra Puspita diawali dengan permainan "sedang apa". Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan fitur Microsoft Word lainnya seperti numbering, bulleted list, dan tata letak paragraf. Sebelum belajar mengatur tata letak paragraf, mereka mengetik paragraf cerita yang telah disajikan. Mereka juga belajar menambahkan bentuk-bentuk (shapes), dan membuat tulisan cantik menggunakan WordArt.

Anak-anak di Desa Kampunganyar belajar penuh semangat ketika berhadapan dengan laptop. Dengan diadakannya program kerja pengajaran ini, diharapkan anak-anak di Desa Kampunganyar memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap teknologi dan memiliki kemampuan dalam memanfaatkan Microsoft Word.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline