Lihat ke Halaman Asli

Champreet Preet

-Bismillah-

PTPN XII Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak untuk Para Mitra Peternak

Diperbarui: 14 Desember 2023   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp


Banyuwangi (12/12) - PTPN XII yang saat ini bergabung ke dalam Supporting Co PTPN 1 Regional 5 bekerjasama dengan Human Initiative memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak untuk mitra binaan ternak. Kegiatan pelatihan tersebut diselenggarakan di Kantor Kebun Kalitelepak, PTPN 1 Regional 5 Banyuwangi dan dihadiri oleh 100 peternak sapi dan kambing yang selama ini telah menjadi mitra binaan PTPN 1 Regional 5. 

Kegiatan ini juga bekerjasama dengan  Kampus Universitas Airlangga dengan menghadirkan trainer berpengalaman dalam pembuatan pakan ternak yang mudah dan berkualitas yakni Bapak Dr. Anam Al - Arif, drh., M.P. selaku Dosen dan Lektor di Fakultas Kesehatan Hewan Universitas Airlangga. Selain itu turut hadir juga Bapak Adhi Priyo Utomo selaku Kasubag Komunikasi Perusahaan dan TJSL PTPN 1 Regional 5 yang didampingi oleh Deny Ferdyansyah, Kepala Cabang Human Initiative Jawa Timur.

"Manajemen PTPN 1 Regional 5 memberikan perhatian yang serius dalam mendampingi mitra binaan ternak yang tersebar di 15 wilayah kebun kami. Melalui pembuatan pakan ternak yang mudah dan berkualitas, kami berharap budidaya ternak sapi atau kambing dari para mitra binaan ternak kami bisa meningkat hasil berat daging hewannya. Tentu kami berharap ini bisa berdampak positif terhadap kemandirian dan peningkatan ekonomi peternak," Ucap Bapak Adhi Priyo Utomo, Kasubag Komunikasi Perusahaan dan TJSL PTPN 1 Regional 5 dalam sambutan awal pembukaan kegiatan pelatihan.

Dalam paparan materinya, dr. Anam Al Arif, drh., M.P., menjelaskan bahwa terdapat 3 jenis pakan ternak yakni hijauan, konsentrat dam completed feed (gabungan hijauan dan konsentrat).  "Pembuatan pakan ternak yang berkualitas haruslah mempetimbangkan kandungan gizinya, setiap bahan pakan ternak memiliki kandungan protein, energi, dan serat yang berbeda-beda. Sehingga pemilihan bahan juga harus pas sehingga berdampak pada peningkatan hasil ternak. Selain itu juga, pembuatan pakan ternak juga mempertimbangkan kemudahan bahan lokal sehingga ekonomis bagi peternak," jelas Dokter Anam.

Jalannya pelatihan sangat menarik karena banyak peserta berdiskusi interaktif dengan trainer. Setelah sesi diskusi tanya jawab, Dokter Anam mengajak peserta untuk melakukan praktik pembuatan pakan ternak melalui metode pengeringan atau hay dan silase melalui penyimpanan pakan  ternak yang mempertahankan kesegaran dan kandungan gizi.

Pada kesempatan ini, dalam upaya mendukung keberlanjutan pasca pelatihan ini PTPN 1 Regional 5 juga meyerahkan bantuan mesin cacah dan mixer guna mendukung pembuatan pakan ternak kepada Kelompok Peternak di Kebun Kalitelepak. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline