Lihat ke Halaman Asli

Chamim alhaq

Mahasiswa

Pengalaman Magang di PT Eldira Cipta Prima

Diperbarui: 10 Juni 2022   21:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Sebelumnya perkenalkan nama saya Chamim Alhaq NIM 19050754016, saya merupakan mahasiswa angkatan 2019 fakultas teknik program studi teknik mesin universitas negeri surabaya. Praktek industri atau magang adalah mata kuliah wajib dengan 20 (SKS) dengan tujuan mendapatkan pengalaman dari kegiatan tersebut, yang nantinya dapat digunakan untuk pengembangan profesi.

Pelaksanaan praktek industri saya di lakukan di PT. ELDIRA CIPTA PRIMA (ECP) yang berlokasi jalan raden saleh Bubutan, Surabaya. Kegiatan ini di mulai dari tanggal 3 januari hingga 30 april mulai pukul 8:30 -- 17:00.

PT. ELDIRA CIPTA PRIMA merupakan perusahaan produksi dan jasa yang bergerak pada bidang pneumatic dan hidrolis mereka menyediakan berbagai kebutuhan seperti unit cylinder, selang hidrolis, pressure gauge DLL. Mereka juga melayani permintaan custom sylinder, layanan pemasangan atau pengepresan fitting dan ferrul pada selang hidrolis, mereka juga melayani permintaan pembuatan berbagai jenis baut dan nepel.

Dokpri

Kegiatan kami awal pada bulan pertama adalah melakukan perkenalan pada semua pegawai dan bagian-bagiannya memahami peraturan yang berlaku di industri tersebut, serta melakukan pengamatan pada peralatan yang ada dibengkel tentang apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan demi keselamatan dan kelancaran kegiatan magang tersebut. 

Dan pada pertengahan bulan kami mulai membantu pekerja yang ada di bengkel mulai dari perawatan mesin, pengetapan baut, pengeboran, serata mempelajari cara mengoperasikan mesin bubut dan frais.

Dokpri

Kemudian pada bulan kedua dan ketiga kami mulai memiliki job deks masing -- masing, saya tetap ditempatkan di bengkel untuk membantu proses produksi atau repair, tugas saya mulai dari membaca job sheet, pembongkaran dan pemeriksaan kerusakan peda cylinder, pemotongan bahan logam, finishing hingga perakitan kembali cylinder pneumatik, saya juga membantu mengoperasin mesin bubut dan frais.

Pada akhit bulan ketiga PT. Eldira Cipta Prima memindahkan bengkel mereka ketempat yang lebih besar yang berlokasi di Jl. Margomulyo Surabaya jawa timur dan pada bulan ke empat saya di tempatkan di bengkel tersebut, Di bengkel tersebut saya ditempatkan di bagian pergudangan karena pekerja yang sebelumnya keluar dikarenakan lokasi yang semakin jauh, 

saya tetap melakukan tugas saya pada bulan sebelumnya tapi lebih mengutamakan bagian pergudangan mulai dari membaca job sheet penyediaan dan pemotongan bahan dan juga pemesanan bahan untuk stok gudang, kegiatan tersebut berlanjut hingga praktik industri saya berakhir.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline