Lihat ke Halaman Asli

Latih Diversifikasi Produk Turunan Serai Wangi Tim PPK ORMAWA Ajari Pembuatan Karbol Di Wukirsari

Diperbarui: 31 Agustus 2024   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Ika Wulandari

Tim PPK Ormawa HIMATA UMBY kembali berkegiatan di Desa Wukirsari sebagai wujud implementasi Hibah PPK Ormawa KEMENDIKBUDRISTEK di tahun 2024. Pelatihan yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 diikuti oleh KWT Tilaman Asri dan KWT Giri Asri di Wukirsari, Imogiri, Bantul. Sebanyak 32 anggota KWT mengikuti pelatihan ini. Pelatihan mengambil tema Pembuatan Karbol berbahan dasar serai wangi. Salah satu Tim PPK Ormawa, Tari Yuniar Espandiarti menjelaskan bahwa karbol mempunyai fungsi untuk menghilangkan bau serta membunuh kuman yang menempel pada suatu benda. Saat ini karbol dengan aroma serai wangi banyak diminati masyarakat karena memiliki sensasi keharuman alami yang sangat menenangkan. 

Dokumentasi Ika Wulandari

Bella Septy Ning Tyas mengatakan bahwa nantinya karbol ini akan didesain sedemikian rupa sehingga dapat dijual di pasaran dan bisa bersaing dengan produk sejenis. 

Betric Prisi Mahardika menjelaskan alat yang dibutuhkan dalam pembuatan karbol serai wangi seperti wadah, saringan, penumbuk, timbangan digital, handblander, pH meter, spatula, botol dan corong. Bahan yang dibutuhkan adalah air sulingan serai wangi, arpus, kapur barus, NaOH, minyak atsiri dan asam sitrat. Tim PPK Ormawa menjelaskan proses pembuatan karbol yaitu dengan menumbuk halus arpus dan kapur barus, kemudian disaring dan dimasukkan dalam air destilasi. Memasukkan NaOH dalam larutan kemudian diaduk sampai merata. Langkah berikutnya memasukkan kapur barus  dan mengecek pH larutan karbol. Apabila pH sudah seimbang di angka  11-12 dimasukkan minyak atsiri, yang dilanjutkan dengan mendiamkan karbol minimal 1 jam sebelum dipakai. 

Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan, karena dapat melakukan praktik langsung pembuatan karbol. Salah satu peserta pelatihan,    mempunyai harapan agar pelatihan seperti ini terus berkelanjutan karena memberikan wawasan baru, khususnya bagi anggota KWT. Ika Wulandari, SE., MM., CAP., CTT berharap ke depannya produk-produk seperti ini dapat diproduksi masal untuk menambah pendapatan kelompok.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline