Lihat ke Halaman Asli

Wonderview.id

Articles for Indonesian Rom-com Lovers

Popularitas 5 VoD Platform di Indonesia

Diperbarui: 28 Maret 2022   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Wonderview.id , 2022)

Siapa sangka Video on demand (VoD) mendapatkan momentum yang signifikan selama pandemi? Kita menjadi terbiasa menghabiskan waktu menonton di layar gadget. 

Berdasarkan data dari playstore kategori entertainment, ada nih beberapa VoD yang berhasil masuk ke top 10 free apps, diantaranya adalah Netflix, Viu, Disney+ , WeTV dan Vidio. Bukan hanya itu, 5 VoD ini juga masuk top grossing entertainment dimana mereka juga termasuk aplikasi dengan jumlah pendapatan terbanyak. Menarik ya !

Popularitas VoD Berdasarkan Branding Socmed & Monthly Traffic

Media sosial yang awalnya digunakan sebagai media untuk hiburan telah berkembang menjadi alat marketing yang sangat powerful. Hampir semua brand menggunakan sosial media untuk membangun awareness dan popularitasnya. Lalu, VoD manakah yang memiliki popularitas paling tinggi di berbagai social media?

Dilihat dari Instagram, Netflix Indonesia memiliki popularitas paling tinggi dibanding dengan Video on Demand (VoD) lainnya. Netflix Indonesia memiliki jumlah pengikut mencapai 1.082.351 dan konsisten bertahan sebagai VoD paling populer di Instagram dari tahun sebelumnya. 

Di posisi kedua ditempati oleh WeTV Indonesia dengan jumlah pengikut sebanyak 930.446, diikuti oleh Vidio dengan pengikut sebanyak 578.313, Viu dengan 424.852 pengikut. Yang terakhir ada Disney+ Hotstar Indonesia dengan jumlah pengikut sebanyak 292.267.

Lantas, bagaimana dengan popularitas VoD bila diamati melalui Twitter? Netflix Indonesia berada di peringkat pertama dengan jumlah pengikut sebanyak 944.837. 

Jumlah ini tidak jauh berbeda dari jumlah pengikutnya di Instagram. Sementara itu Disney+ Hotstar Indonesia menduduki posisi kedua dengan jumlah pengikut sebanyak 113.514, diikuti oleh WeTV Indonesia dengan 89.209 pengikut. Bila diperhatikan terdapat selisih jumlah pengikut yang cukup signifikan antara Netflix Indonesia dan VoD lainnya di Twitter.

Selain itu, popularitas VoD pada platform Tiktok beberapa tahun terakhir ini sangat digandrungi oleh anak-anak muda. Vidio secara mengejutkan menjadi VoD paling populer dengan jumlah pengikut sebanyak 1.000.000. 

Dengan selisih cukup besar, urutan kedua berhasil ditempati oleh WeTV Indonesia sebanyak 370.300. Lalu, diikuti oleh Netflix Indonesia dengan jumlah followers sebanyak 351.700. Sementara itu, Disney+ Hotstar Indonesia tidak memiliki akun Tiktok, tampaknya VoD ini belum memulai brandingnya melalui platform ini.

Setelah mengupas tuntas media sosial 5 VOD ini, mari kita lihat dari sudut pandang pengunjung website masing - masing VOD. Waw ! Vidio , perusahaan asal Indonesia, ternyata memiliki monthly traffic tertinggi bahkan mengalahkan Netflix. Vidio berhasil mendapatkan 13.8juta pengunjung. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline