Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat pada Masa Pandemi Covid-19

Diperbarui: 16 Juli 2020   01:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

(Solo, 23/07/2020)

Kasus positif corona Kota Solo terus mengalami peningkatan. Tidak hanya itu, zona merah di kawasan Kota Solo terus bertambah, termasuk Kelurahan Pajang, Solo yang termasuk ke dalam zona merah. Masuknya Kelurahan Pajang, Solo sebagai zona merah ini tidak menghambat masyarakat dalam melakukan aktivitas seperti biasanya. Bahkan, masih banyak ditemukan masyarakat yang tidak keluar menggunakan masker dan menjaga jarak.

Hal ini yang memicu keresahan seorang mahasiswa Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS bernama Safira Chairunisa untuk melaksanakan program KKN Covid-19 pada tanggal 15 Mei -- 30 Juni 2020 di Kampung Bendosari, RT 3/03 Pajang, Solo dengan tema Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19.

Mahasiswa yang berada di bawah bimbingan Prof. Dr. I Gusti Ayu K. R. H., S.H., M.M. melaksanakan beberapa program dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Covid-19 antara lain yaitu dengan melakukan sosialisasi daring berupa poster serta video mengenai virus corona, pola hidup bersih dan sehat, serta kegiatan yang dapat dilakukan selama masa pandemic. Konten video mengandung tata cara mencuci tangan yang baik dan benar menurut WHO dan cara membuat masker kain sendiri.

Selain melakukan sosialisasi daring, dilakukan sosialisasi luring dengan pemasangan poster 6 langkah cuci tangan ke warung-warung yang beroperasi di sekitar kampung Bendosari, RT3/03, Pajang, Solo. Pemasangan poster diiringi dengan pemasangan ember cuci tangan dan penyediaan sabun, serta sosialisasi kepada masyarakat setempat mengenai kebiasaan cuci tangan sebelum dan sesudah akan beraktivitas di warung tersebut.

Pemasangan Poster dan Bak Cuci Tangan di Warung Makan sekitar RT3/03 Pajang, Laweyan, Surakarta

Pemasangan tempat cuci tangan dan sosialisasi ini disambut dengan baik oleh warga dan tampak antusias dengan sosialisasi tersebut. Dengan adanya program KKN tersebut, diharapkan masyarakat khususnya pada Kampung Bendosari, RT3/03 Pajang, Laweyan, Solo dapat semakin sadar terhadap keberadaan virus corona dan senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline