Lihat ke Halaman Asli

Wisata Sejarah kota Mojokerto

Diperbarui: 16 Mei 2016   10:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mojokerto adalah salah satu kota di Jawa Timur yang terkenal obyek wisata Trowulan. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan anekah kerajinan seperti kerajinan kayu yang memproduksi Perahu Phinisi, kerajinan bambu, kerajinan perak, kerajinan emas, dan juga memiliki obyek wisata air terjun, sejarah, dan religius.

Obyek wisata ini berada di Jln. Raya Trowulan, Desa. Trowulan, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto, sekitar 14 Km dari pusat kota.Berdasarkan pada catatan sejarah, konon wilayah ini merupakan pusat Kerajaan  Majapahit. Saat ini , sisa sisa kejayaan kerajaan tersebut masih dapat di saksikan. Luas wisata Trowulan adalah sekitar 100 km2, dimana snekah situs arkeologi tersebar. Situs arkeologi tersebut antara lain: Candi, petirtaan, dan makam.

Obyek wisata sejarah ini pertama kali ditemukan pada abad 19 oleh Gubernur Jawa pada saat itu yaitu Sir Thomas Stamford Raffles. Beliau adalah seseorang yang snagat antusias terhadap sejarah.

Selama berada di kawasan Wisata Trowula, Wisatawan dapat berkunjung ke beberapa candinya yang terkenal antara lain:

  1. Candi Brahu.

2.   Candi Menak Jingga, 

3.   Candi Tikus

candi-tikus-wisata-candi-bersejarah-di-mojokerto-5739426f06b0bd2e05a61d9b.jpg

4.   Candi Kedaton

candi-kedaton-573944fcc0afbd2a0a9b9701.jpg

5.   Candi Bajang Ratu

wisata-mojokerto-candi-bajang-ratu-5739454606b0bd5305a61da1.jpg

Selain itu, Ada juga dapat mengunjunggi Gapura Wringgin Lawang, Pendopo Majapahit, Makam Putri Cempa, Makam Syeh Jumadil Kubro, dan Kolam segaran.

Di kawasan wisata Trowulan juga terdapat museum Trowulan. Anekah koleksi di dalam museum menampilkan semua arkeologi yang di temukan di wilayah Jawa Timur, mulai dari zaman Raja Airlangga hingga Kerajaan Majapahit. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline