Lihat ke Halaman Asli

Putri Chairanisah

Mahasiswa Akuntansi S1

Tim Debat Gunadarma Juara 1 Kategori Novice NUDC

Diperbarui: 10 Juli 2024   23:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber dari peserta debat

Perwakilan Tim debat Universitas Gunadarma memenangkan Juara 1 Novice di National University Debate Championship 2024
National University Debate Championship (NUDC) sebuah ajang kompetisi debat berbahasa Inggris ditingkat universitas seluruh Indonesia. Juara 1 Novice adalah sebuah kategori di mana peserta debat tidak pernah memenangkan lomba dalam tingkat nasional.

Kompetisi tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2024 di Universitas Terbuka Tangerang sebagai Host Perlombaan pada tahun 2024. Peserta debat yang menjuarai adalah Ariel Davis Suntoro yang pernah mengikuti NSDC pada tingkat SMA sampai semifinal, dan Muhammad Khafidz Al Gifani selaku ketua Gunadarma English Club pernah mengikuti Lomba debat saat SMP dan setelah itu vakum karena pandemi. Tetapi pernah mengkuti NUDC 2023 pada saat online dan sayangnya hanya masuk sampai regional. Peserta debat mengikuti perlombaan ini karena ingin meningkatkan kemampuan berdebat dalam bahasa inggris lebih baik dari pada tahun yang sebelumnya.

sumber gambar dari peserta debat

Tim Universitas Gunadarma bersama pelatih debat yaitu M. Caesar Nurkarim dan pembina yaitu Wakil Dekan III Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Gunadarma Agung Prasetyo Wibowo S.S Msas. Dan juga yang selalu mendampingi selama acara berlangsung Ms. Dyani Masita Dewi S.S Msas.

Pada saat hari Kamis 30 Juni 2024 Tim Universitas Gunadarma tidak mengira akan memenangkan kategori ini, namun Universitas lain percaya bahwa peserta debat dapat memenangkan kategori tersebut, ketika ada pemberitahuan tim Universitas Gunadarma masuk ke Novice Break (Kategori Novice) peserta debat pun terkejut senang. Untuk kategori tersebut menggunakan sistem eliminasi, maka jika melalukan kesalahan atau posisi terbawah maka akan langsung tereliminasi. Setiap langkah yang peserta debat ambil merupakan langkah terbaik yang bisa mereka lakukan.

sumber gambar dari peserta debat

Setelah kerja keras mereka latihan dan segala usaha yang mereka jalani dapat membuahkan hasil yang sangat memuaskan, saya sendiri sebagai sekretaris Gunadarma English Club sangat bangga dengan kerja keras mereka dan mengucapkan selamat dan terimakasih atas segala usahanya yang sudah membanggakan seluruh almamater Universitas Gunadarma. Semoga kemenangan ini dapat menjadi inspirasi untuk semua mahasiswa agar dapat selalu berprestasi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline