Lihat ke Halaman Asli

Cerita Rakyat Papua Nugini: (1) Darimanakah Asalnya Perempuan?

Diperbarui: 12 April 2023   18:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadis pesisir papua nugini (Hula Village) (Sumber: Koleksi foto pribadi)

Dahulu kala, di negeri ini tidak ada perempuan. Mereka tinggal di awan dan hanya laki-laki yang tinggal di bumi. Laki-laki melakukan semua pekerjaan rumah dan kebun.

Suatu hari, setelah para laki-laki selesai mencari buruan di hutan, perempuan turun ke bumi. Mereka memetik ubi jalar dan talas dari kebun para laki-laki dan memasaknya. Setelah mereka selesai menyiapkan makanan, mereka langsung kembali ke awan.

Ketika laki-laki kembali ke kampung mereka, mereka merasa lapar. Mereka melihat makanan sudah dimasak dan mereka merasa kaget. Mereka berkata, "Siapa yang memasak makanan ini?"

Hal ini terjadi berkali-kali. Suatu hari, mereka menyembunyikan salah satu laki-laki yang lebih kecil agar ia dapat mengetahui siapa yang bertanggung jawab memasak makanan mereka sepanjang waktu.

Laki-laki kecil itu bersembunyi dan melihat perempuan turun dengan tali rotan, mengumpulkan makanan, dan memasaknya. Ketika perempuan melihat laki-laki kembali, mereka memanjat tali untuk kembali ke rumah. Laki-laki kecil itu menceritakan semua yang dia lihat kepada semua laki-laki saat mereka kembali. Jadi suatu hari semua laki-laki pura-pura pergi ke hutan, tetapi sebenarnya mereka bersembunyi di dekat sana dan mengawasi.

Tak lama kemudian mereka melihat perempuan turun dengan tali rotan lagi. Mereka menunggu semua perempuan selesai turun, lalu mereka cepat-cepat memotong tali agar perempuan tidak bisa kembali. Segera saja setiap laki-laki menangkap seorang perempuan, kembali ke rumah mereka dan menikahinya.

Jadi sekarang, perempuan-perempuan ini membantu laki-laki dengan pekerjaan rumah dan memasak makanan untuk suami mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline