Lihat ke Halaman Asli

CHAERUL IMAM

Mahasiswa

Penerapan Aplikasi Pembukuan Terhadap UMKM di Desa Cibuntu Kecamatan Wanayasa, Purwakarta oleh Mahasiswa KKN UPI 2022

Diperbarui: 19 Agustus 2022   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kamis 18 Agustus 2022, Dalam rangka  membangun kesejahteraan Teraan di desa. Mahasiswa KKN Program Studi Pendidikan Sistem dan Teknologi Univeritas Pendidikan Indonesia melaksanakan tugas pogram kerja Memanfaatkan Teknologi sebagai kemajuan UMKM  di desa cibuntu, kabupaten purwakarta. Dalam menggelorakan Hut RI ke 77  Hal tersebut guna dapat mempermudah pemilik UMKM dalam Pembukuan Berbasih android yang dapat di terapkan dengan mudah oleh masyarakat setempat dalam mengelola uang masuk dan uang keluar, sehingga dapat tercipta nya kesesuaian antara keuntungan dan pengeluaran  di keluarkan oleh para UMKM yang terdapat di desa cibuntu tersebut.
Program kerja tersebut dilakukan karena masih banyaknya perhitungan secara manual atau di kira-kira menggunakan kalkulator dan kurang sekali terdapatnya penghasilan yang kurang sesuai di desa cibuntu kabupaten Purwakarta. Jika hal itu masih terjadi akan menyebabkan kesulitan dalam perhitungan atau pembukuan mengenai hasil dari usaha masyarakat setempat.
Program kerja tersebut dimulai dari sosialisasi mengenai aplikasi tersebut yang sangat mudah di download di PlayStore. Selanjutnya Tim KKN UPI
Membantu mendownload dan menjelaskan terlebih dahulu, lalu menanyakan apakah dari masyarakat setempat sudah memliki HP android atau semacamnya, Dan warga setempat pun sudah mempunyai gadget yang notabenya android. Lalu dari tim kami memberikan cara agar dapat melakukan pembukuan di aplikasi tersebut. Aplikasi Tersebut  yaitu Bernama "Bukukas".
Oleh karena itu program kerja dilaksanakan agar dapat terciptanya kemudahan memanfaat Teknologi kedalam suatu usaha micro kecil menengah yang berada di desa cibuntu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline