Lihat ke Halaman Asli

chaer ranie

Mahasiswi

Strategi dan Taktik Public Relations dalam Meningkatkan Citra dan Reputasi Universitas

Diperbarui: 22 Mei 2023   21:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan peran dari seorang Public relations penting untuk diperhatikan. Public relations yang merupakan manajeman fungsi komunikasi yang bertugas membangun hubungan baik dengan publik sehinggga akan tercipta citra dan reputasi yang baik.

Memiliki reputasi yang baik penting dimiliki oleh Universitas. Dengan adanya citra dan reputasi yang baik akan mengundang ketertarikan siswa atau calon mahasiswa baru untuk mengetahui lebih lanjut atau bahkan mendaftar di kampus tersebut.

Reputasi yang baik tidak datang begitu saja tanpa adanya usaha dari public relations. Berikut beberapa strategi dan taktik yang dapat dilakukan oleh seorang public relations untuk meningkatkan reputasi universitas.

  • Menjaga hubungan baik dengan stakeholder
  • Stakeholder dari suatu universitas tidak hanya dengan mahasiswa, media, donatur dan lain sebagainya. lingkungan di sekitar wilayah kampus juga dapat dikatakan sebagai stakeholder dari universitas tersebut. Untuk itu penting untuk menjaga hubungan baik dengan 'tetangga' tersebut sehingga universitas tersebut akan dinilai ramah oleh masyarakat sekitar.
  • Manfaatkan media sosial semaksimal mungkin
  • Era teknologi yang semakin maju membuat seorang public relations harus beradaptasi dalam menyampaikan informasi mengenai universitas. Kini informasi tidak hanya disampaikan melalui email atau memanggil wartawan, informasi tersebut dapat langsung diunggah di laman sosial media resmi milik universitas. Unggahan ini harus konsisten agar netizen mengetahui apa yang akan atau telah dilakukan oleh universitas.
  • Melakukan branding universitas
  • Seorang public relations dari sebuah universitas dapat memanfaatkan pusat kesenian seperti teater, taman sains, pusat konferensi untuk upaya melakukan branding dalam rangka meningkatkan reputasi dari universitas.

Selain tiga hal diatas, masih banyak lagi cara-cara atau strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan reputasi universitas. Dengan menerapkan strategi dan taktik yang tepat, universitas akan mempunyai reputasi yang baik dimata publik dan stakeholdernya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline