CHANTIKA RADHA PUTRI ELWE
SOSIOLOGI, FAKULTAS ILMU SOSIAL, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
chantikaradha19@gmail.com
PENDAHULUAN
Negara-negara maju sudah mulai melakukan perubahan menuju Society 5.0 dengan suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi. Gagasan ini merupakan penyempurnaan dari konsep-konsep sebelumnya dan menyelesaikan masalah-masalah di Revolusi Industri 4.0.
Peran masyarakat sangat menjadi pertimbangan dalam mewujudkan keseimbangan antara kemajuan ekonomi dengan penyelesaian masalah sosial melalui sistem dunia maya dan dunia nyata karena teknologi akan menjadi bagian dari manusia itu sendiri.
Walaupun, Indonesia sebagai negara berkembang yang tidak semua masyarakat mengetahui hal ini. Namun, tidak bisa dipungkiri kalau Indonesia sudah dipenuhi oleh media digital dalam industri hiburan, seperti film, drama series, dan lagu.
Industri hiburan tidak akan pernah sepi atau bahkan menghilang, bahkan industri ini menjadi peluang yang menjanjikan. Walaupun, industri ini bersifat dinamis. Industri hiburan merupakan industri kreatif yang mengikuti perkembangan teknologi dan permintaan konsumen sehingga terjadinya persaingan yang dialami oleh pelaku bisnis yang bergerak dibidang industri hiburan (Segupta dan Mukherji, 2021).
Saat ini, ada banyak sekali industri hiburan yang bisa dinikmati masyarakat Indonesia. Seiring berkembangnya zaman, industri hiburan di Indonesia mengalami perubahan yang signifikan. Terlebih lagi, saat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia menjadikan pelaku bisnis dibidang ini diharuskan putar otak dan beradaptasi pada keadaan yang terus berubah.
Dengan tersedianya layanan streaming melalui aplikasi. Namun, layanan streaming sudah digunakan oleh negara Korea Selatan untuk menyebarluaskan industri hiburan negara ini melalui lagu, drama series, dan film.
Saat ini, perkembangan industri hiburan Korea Selatan sudah sangat maju dan berkembang pesat yang terbukti dengan adanya istilah Korean Wave. Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan produk kebudayaan populer (pop culture) Korea Selatan yang berhasil masuk ke berbagai negara, salah satunya negara Indonesia yang sudah menjadi konsumsi masyarakat Indonesia.