Lihat ke Halaman Asli

Christian Evan Chandra

TERVERIFIKASI

Narablog

Belajar dari Kebutuhan Mas Fabio Juara MotoGP, Mengapa Kita Belum Pakai eSIM?

Diperbarui: 30 Maret 2022   08:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mas Fabio beli kartu perdana di konter milik Mas Lalu Febryansa, sebagaimana beliau abadikan dan diunggah oleh Kompas.com.

Kendala aspal dan marshall di Sirkuit Mandalika ketika tes pramusim bisa diselesaikan dengan baik di ajang balapan MotoGP Indonesia. 

Internet yang lambat dan mengganggu online press conference ketika tes juga menjelma menjadi ngebut. Penyambutan pembalap pun begitu hangat dengan diajaknya mereka oleh Pak Presiden untuk mengadakan konvoi motor dekat Istana Negara. Masih ada yang kurang?

Jika jagat Twitter sempat diramaikan oleh mereka yang merasa malu karena aksi pawang hujan disorot di televisi internasional, ya sebenarnya bagi saya berlebihan juga. 

Yang penting, apapun ceritanya, pada akhirnya balapan bisa diselenggarakan dan dinikmati dengan baik serta melahirkan Miguel Oliveira sebagai juara perdana di Mandalika. 

Daripada balapan F1 di Spa tahun lalu, sudah ditunggu-tunggu dan ujungnya hanya sedikit putaran di belakang safety car demi ada poin yang bisa diberikan.

Sebagai pekerja keuangan yang juga suka cuap-cuap seputar otomotif, properti, dan teknologi, perhatian saya tertuju pada juara dunia bertahan alias Mas Fabio Quartararo. 

Beliau membeli kartu SIM di konter ponsel ketika tes pramusim dan sebulan kemudian membelinya lagi di minggu balapan. Ya, jangankan beliau, kita pun banyak yang masih sering gonta-ganti kartu SIM bukan?

Bukan penipu, bukan korban pinjaman online yang sedang dikejar-kejar oleh debt collector, dan juga bukan tenaga pemasar yang pensiun serta masih dikejar oleh konsumen yang mencari kebutuhan mereka. 

Bukan juga soal diberondong SMS penipuan dan panggilan telepon dari telemarketing, menghindar dari dua hal ini sangat sulit dan boleh dibilang tidak bisa!

Ketika negara-negara tetangga sudah membiasakan diri dengan teknologi eSIM, baru satu operator yang mengadopsinya di Indonesia yaitu Smartfren dan belum cukup melejit di sini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline