Lihat ke Halaman Asli

Reni Susanti

Penulis lepas, penyuka travelling, nonton, fotografi, dan menulis.

Mengenal Core Motion, Olahraga untuk Rampingkan Perut

Diperbarui: 10 Februari 2019   04:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu gerakan core motion. (Foto: Reni Susanti)

Pada 2017, seperempat penduduk dewasa (di atas 18 tahun) Indonesia mengalami obesitas. Itu artinya satu dari empat penduduk dewasa Indonesia mengalami obesitas.

Data yang diambil dari Katadata tersebut memang mengerikan. Namun, itulah yang terjadi. Makanya tak heran jika saat ini bisnis makan sehat mulai menggeliat. Bisnis ini mencoba mengimbangi bisnis makanan siap saji yang menghadirkan makanan non nutrisi.

Namun menjaga makanan tanpa olahraga juga ga afdol. Makanya bagi Anda yang bermasalah dengan berat badan terutama perut kendor dan bergelambir, layak mencoba yang namanya core motion.

Core motion merupakan penggabungan 50 persen gerakan dancing dan 50 persen core exercise. Untuk latihan 1 jam, kalori yang terbakar lebih dari 300 kalori.

Lalu apa itu core motion? Core Motion Program Leader Celebrity Fitness Aji Mukti Wibowo mengatakan di dunia medicine, core itu semacam korset yang melingkari perut hingga punggung. Core ini membantu seseorang berdiri maupun bergerak. Kalau core tidak aktif, tubuh akan cepat capek.

Aji mengatakan, ada tiga gerakan dasar dalam core motion. Yaitu crunch (perut bagian depan), hips (otot-otot panggul), dan twist (otot oblig atau perut bagian samping).

Dalam menjalankan ketiga gerakan tersebut, Anda harus mengunci perut, meluruskan punggung, dan memeras bokong.

Gerakan tersebut dikombinasikan dalam 4 sesi yang menyenangkan. Sebab gerakan diriingi lagu kekinian dengan gerakan dance yang asik. Sehingga waktu latihan 1 jam tidak akan terasa.

Keempat sesi core motion, yakni:

Pemanasan

Pemanasan dilakukan 12 menit dengan tiga trek. Trek pertama, fokus pada gerakan crunch. Trek kedua fokus pada gerakan hips, dan pemanasan ketiga fokus pada gerakan twist.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline