Lihat ke Halaman Asli

Sunnypen

Mahasiswa

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswi Farmasi di Yayasan Pauly Mandiri terkait Yogurt

Diperbarui: 11 Januari 2023   17:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

      Pada Senin, 03 Oktober 2022 di Yayasan Pendidikan Pauly Mandiri Desa Buntu Bedimbar Kecamatan Tanjung Morawa, tim Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara melakukan pengabdian kepada masyarakat berbasis professor wajib mengabdi sebagai salah satu bentuk realisasi dari TRI Dharma Perguruan Tinggi. Sosialisasi mengenai manfaat yoghurt dan peran probiotik dalam pencernaan serta pembuatan yogurt  yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Farmasi USU yaitu Endang R W A Sinamo, Nadear Escasia Sijabat, dan Najila Aufa Syifa  berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang positif dari para murid dan guru-guru pendamping. Murid-murid juga sangat tertarik dan menunjukkan keingintahuan mengenai sosialisasi yang dilakukan. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan informasi dan memperluas wawasan serta pemahaman bahwa dalam  minuman yogut yang berguna bagi kesehatan.

Foto bersama siswa/i Pauly Mandiri

      Mahasiswa Farmasi ini memaparkan bahwa ketika terjadi ketidakseimbangan jumlah mikroorganisme yang berlebihan dalam saluran cerna yang pada umumnya terjadi pada anak-anak dapat menyebabkan infeksi lokal dan peradangan pada usus, menyebabkan kelainan sistemik termasuk gangguan penyerapan nutrisi, kelainan metabolisme serta menyebabkan gejala berbagai penyakit dalam tubuh sehingga perlu asupan yang mengandung probiotik untuk menjaga kesehatan terutama dalam saluran pencernaan. Salah satunya dengan mengkomsumsi yoghurt. Yoghurt adalah produk yang diperoleh dari fermentasi susu dengan menggunakan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus atau bakteri asam laktat lain yang sesuai, dengan atau tanpa penambahan bahan pangan lain dan bahan tambahan pangan yang diijinkan. Yoghurt mempunyai banyak manfaat bagi tubuh antara lain mengatur saluran pencernaan, Antidiare, antikanker, meningkatkan pertumbuhan, membantu penderita intoleransi laktosa, dan mengatur kadar kolesterol dalam darah. Kemudian yoghurt juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan pencernaan, menjaga jantung tetap sehat, mencegah osteoporosis, dan mencegah resiko darah tinggi.

dokpri

Sosialisasi yang disampaikan oleh Nadear Sijabat

      Yogurt merupakan minuman kesehatan yang bisa dibuat dengan cara sederhana. Bahan dasar pembuatan yogurt ini terdiri dari susu dan bibit yogurt. Sekarang ini kita dapat menjumpai bibit yogurt praktis yang ada di berbagai pasar swalayan dan juga minimarket. Bibit yogurt praktis pada dasarnya adalah yogurt tawar atau plain yogurt yang belum ditambah gula, pewarna ataupun perisa.

dokpri

Sosialisasi yang disampaikan oleh Endang Sinamo

dokpri

Sosialisasi yang disampaikan oleh Najila Aufa Syifa

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline