Lihat ke Halaman Asli

Yos Mo

TERVERIFIKASI

Digipreneur since 2010

Transfer Edan Chinese Super League yang Bisa Bikin Rio Haryanto Iri

Diperbarui: 1 Maret 2016   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saat klub-klub elit di benua Eropa masih malu-malu membelanjakan uang dalam bursa transfer musim dingin 2016, pada saat bersamaan di belahan benua lain, Asia, klub-klub Chinese Super League secara gila-gilaan membelanjakan uang banyak untuk mendapatkan pemain baru.

Klub-klub Chinese Super League yang sangat royal mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain baru,bisa bikin pebalap jagoan Indonesia Rio Haryanto iri. Maklum saja, dengan entengnya satu klub di Chinese Super League membelanjakan uang senilai jutaan US Dolar, di lain pihak Rio Haryanto kesulitan mencari dana tambahan 10 juta US Dollar untuk mengamankan satu seat di tim Formula One Marussia.

(Rio Haryanto butuh dana 10 Juta USD/ sumber foto: merdeka.com)

Saat ini sedang kencang rumor dua pemain ternama di Liga Italia, Luiz Adriano dan Gervinho, tengah didekati oleh  salah satu klub Chinese Super League, Jiangsu Suning, dengan penawaran biaya transfer masing-masing 14 juta Euro (14,8 US Dollar). Jika dua striker dari Liga Italia tersebut jadi pindah, maka Luiz Adriano dan Gervinho bakal jadi pemain termahal nomor dua di Chinese Super League. Rekor transfer termahal di Chinese Super League saat ini dipegang oleh Ricardo Goulart yang ditransfer oleh Guangzhou Evergrande dengan biaya 15 juta US Dollar. 

Betapa edannya klub-klub Chinese Super League mengeluarkan banyak uang untuk membeli pemain baru bisa terlihat dalam pembelian seorang kiper bernama Zhang Lu yang dikontrak Tianjin Quanjian dari Liaoning Whowin dengan biaya transfer 6,86 juta Poundsterling (9,8 juta US Dollar). Padahal Zhang Lu bukan kiper utama tim nasional China, dan pada Chinese Super League tahun 2015 kebobolan 40 gol dari 26 kali bermain. 

Harga transfer Zhang Lu bisa dibilang tak masuk akal, walau nyata terjadi. Sebagai perbandingan, kiper legendaris timnas Republik Ceko, Petr Cech, yang sudah pernah menjadi juara Liga Champions UEFA, dan telah membuat rekor cleansheet terbanyak di English Premier League, ditransfer 'hanya' seharga 9,8 juta Poundsterling oleh Arsenal pada awal musim ini.

Keroyalan klub-klub Chinese Super League dalam membeli pemain baru menunjukkan betapa majunya perekonomian China pada saat ini. Pertanyaannya, kapan Indonesia bisa semaju China mempunyai banyak dana dalam industri olahraga?

LIMA TRANSFER TERMAHAL CHINESE SUPER LEAGUE JANUARI 2016 (hingga 18 Januari)

  1. Bi Jinhao (7,79 juta Poundsterling/ dari Henan Jianye ke Shanghai Shenhua)
  2. Zhang Lu (6,86 juta Poundsterling/ dari Liaoning Whowin ke Tianjin Quanjian)
  3. Sun Ke (6, 44 juta Poundsterling/ dari Jiangsu Suning ke Tianjin Quanjian)
  4. Jiang Ning (5,85 juta Poundsterling/ dari Guangzhou R&F ke Hebei China Fortune)
  5. Renato Augusto (5,6 juta Poundsterling/ dari Corinthians ke Beijing Guoan)

(sumber ilustrasi: thechinamoneyreport.com)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline