Lihat ke Halaman Asli

Pipit ZL ceritaoryza.com

Blogger | Beauty Enthusiast | Mrs Lubis with 2 children

Tips Memilih Sunscreen yang Cocok

Diperbarui: 25 Maret 2022   13:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata "sunscreen"? Di negara tropis yang terletak di garis khatulistiwa seperti Indonesia, sunscreen adalah skincare wajib di pagi hari. Namun apakah semua sunscreen akan cocok dengan kulitmu? Yuk kita simak tulisan berikut.

Kenapa butuh sunscreen?

Sunscreen aka tabir surya adalah skincare yang menghalangi kulit dari paparan langsung sinar matahari sehingga kita tidak perlu khawatir dengan efek buruknya.

Paparan langsung sinar matahari yang menjangkau Bumi terdiri dari sinar UVA dan UVB.

  • UVA: sinar ultraviolet dengan pqnjang gelombang 315 - 400 nm. Sekitar 95 persen sinar UV yang mencapai Bumi adalah sinar UVA, dapat menembus jendela dan awan. Efek buruknya menyebabkan kulit menggelap dan sunburn. Dalam jangka panjang UVA dapat menyebabkan kerusakan tidak langsung pada DNA, penuaan dini seperti keriput, UVA juga dikaitkan dengan beberapa jenis kanker kulit.
  • UVB: sinar ultraviolet dengan panjang gelombang 280 - 325 nm. Sinar UVB yang menjangkau Bumi sebagian diserap oleh lapisan ozon, sebagian lagi masih bisa menembus atmosfer, tidak menembus jendela dan lebih cenderung disaring oleh awan. Dampak buruk sinar UVB antara lain merusak lapisan kulit terluar, membuat kulit tampak lebih gelap dan sunburn, bahkan melepuh. 


Setelah mengetahui efek buruk paparan sinar matahari langsung pada kulit, tentunya sunsucreen menjadi hal wajib di pagi hari. Lalu sunscreen seperti apakah yang cocok untuk kulit kita?

Proteksi

Untuk orang Indonesia yang berkulit sawo matang, memerlukan sunscreen dengan proteksi SPF minimal 30 dan PA+++. Lebih tinggi nilai SPF dan PA, maka semakin baik perlindungannya.

Feel di kulit

Seperti skincare lainnya, kita harus memilih skincare yang feel-nya enak di kulit. Ada beberapa sunscreen yang meninggalkan whitecast agak lama, rasa greasy dan atau panas di kulit, perih di mata saat berkeringat, atau bahkan rontok seperti daki.

Harga

Berhubung sunscreen ini selalu dipakai setiap pagi di cuaca cerah, mendung ataupun hujan, pasti cepat habis. Harga menjadi bahan pertimbangan berikutnya saat memilih skincare. Sesuaikan produk sunscreen dengan budget yang dimiliki, jangan sampai nanti malah tidak pakai sunscreen sama sekali.

Memang sih agak tricky untuk memilih sunscreen yang cocok.

Sudahkah kamu pakai sunscreen hari ini? Selalu gunakan sunscreen minimal 2 jari gendut dan re-apply tiap 2 jam sekali ya!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline