Lihat ke Halaman Asli

Urutan Pemilihan Vendor Dalam Merencanakan Acara Pernikahan

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

URUTAN PEMILIHAN VENDOR DALAM

MERENCANAKAN ACARA PERNIKAHAN

Pertanyanan klasik dari para calon pengantin terkait pemilihan vendor adalah, manakah vendor yang sebaiknya dipilih terlebih dahulu? Umumnya vendor yang berada dalam top list pengantin adalah Vendor gedung, Dekorasi, Catering, Bridal dan Liputan, karena terkait dengan budget, konsep dan tema pernikahan, serta hasil akhir yang akan dimiliki oleh calon pengantin.

Berikut saran dari penulis untuk 5 urutan pertama dalam memilih jenis vendor :

1.1. Vendor Wedding Organizer atau Wedding Planner

Dipertimbangkan terlebih dahulu, apakah akan menggunakan jasa WO/WP atau tidak (lihat artikel 3 langkah praktis mempersiapkan pernikahan impian). Jika ya, maka sebaiknya memilih jasa vendor WO terlebih dahulu, karena mereka dapat memberikan tips dan referensi vendor. Jika tidak menggunakan jasa WO/WP, maka dapat langsung mencari vendor gedung.

2.2. Vendor Gedung.

Vendor yang sebaiknya dipilih segera setelah medapatkan tanggal adalah vendor gedung, karena jumlahnya lebih terbatas dan budgetnya cukup besar. Tentukan Konsep dan tema pernikahan, apakah akan outdoor atau indoor party. Jika vendor gedung sudah dipilih, berikutnya bisa memilih yang lain.

3.3. Vendor catering / dekorasi.

Umumnya vendor gedung memiliki rekanan atau memiliki paket dengan vendor catering dan dekorasi.

4.4. Vendor Bridal

Umumnya Pengantin wanita memberikan perhatian cukup besar untuk menemukan vendor bridal yang akan menjadikan dirinya bak “Ratu Sehari”. Model Baju yang serasi dan Make Up Artist yang membuat ‘pangling’ akan menjadi pilihan utama. Umumnya vendor ini juga memiliki paket untuk video dan photo liputan dan prewedding.

5.5. Vendor Liputan Dokumentasi

Biasanya Budget untuk vendor yang khusus menangani liputan akan lebih mahal dibanding paket yang ditawarkan dalam paket vendor bridal. Dari segi hasil akhir liputan yang diberikan, umumnyaya hasil dari vendor khusus liputan lebih bersifat boutique (personal / khusus) dibanding vendor bridal. Mana yang dipilih, tergantung preferensi dan budget yang dimiliki oleh masing-masing calon pengantin.

Demikian informasi yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat ^^.

Happy hunting




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline