Lihat ke Halaman Asli

Ceril

When there's a will there's a way

Apa yang Anda Ketahui tentang Tugas dan Sifat Pemimpin yang Mempengaruhinya dalam Islam?

Diperbarui: 3 April 2022   11:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penulis:

Ceril Pungus

Dosen Pengampu:

Shanti Wardaningsih, S.Kep,Ns., M.Kep.,Sp.Jiwa., Ph.D

Peranan Pemimpin dalam suatu kelompok adalah seorang yang merencanakan sesuatu, berpikir serta berkewajiban memberikan arahan pada kelompoknya atau orang lain. Sebagai seorang pemimpin.tidak diperkenankan melakukan suatu tindakan kezaliman dalam segala tingkatan kezaliman sekalipun baik kezaliman dalam mengambil keputusan maupun dalam penerapannya di kehidupan sehari-hari.

Tugas seorang pemimpin

Tugas pemimpin secara umum: Menghidupkan, menggerakkan dan mengarahkan, dapat memberikan bantuan. Pemimpin mendorong terlaksananya suasana sosial yang sangat baik, Pemimpin juga menolong kelompok dengan membuat prosedur-prosedur bagi unit kerjanya, Pemimpin mendorong anggota kelompoknya untuk dapat berorganisasi. Seorang pemimpin bertanggung jawab dalam pengambilan sebuah keputusan di dalam kelompoknya, Pemimpin juga memberikan suatu kesempatan kelompoknya untuk belajar dari sebuah pengalaman.

Sifat-sifat Pemimpin Ideal dalam Islam

Sifat-sifat seorang pemimpin yang sangat dikehendaki dalam islam yaitu: memiliki ketakwaan kepada Allah SWT, membawa Amanah (bisa dipercaya), bersikap Shiddiq (Jujur), fathonah (Cerdas), tabligh (bisa menyampaikan gagasan serta mampu membawa kearah perbaikan dan kemajuan), bersikap tegas dan teguh dalam pendirian, mempunyai sifat lemah lembut, suka memaafkan serta senang duduk untuk bermusyawarah, menjadi teladan bagi orang-orang yang dipimpinnya, dampak kepemimpinannya terhadap orang lain dirasakan melalui kehidupan anggotanya dimana mereka dapat saling bekerja sama agar menghasilkan tujuan bersama dan bertawakal kepada Allah.

Sifat pemimpin dalam Islam bertanggung jawab pada 2 hal yaitu:

memiliki rasa tanggung jawab terhadap moral-spiritual dan tanggung jawab sosial. Tanggung jawab. secara moral-spiritual akan bersangkutan dengan pendiriannya sebagai seorang muslim yang adalah juga sebagai hamba Allah, dimana juga mempunyai tugas serta kewajiban secara individual. Tanggung jawab sosial yang berkenaan posisi manusia yang seharusnya merupakan bagian dari makhluk sosial yang sering berinteraksi dengan orang lain dan mempunyai serangkaian kewajiban pula.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline