Lihat ke Halaman Asli

Peran Penting Manajemen Bisnis Dalam Mengembangkan "Usaha Kecil"

Diperbarui: 13 Desember 2024   23:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam menjalankan suatu usaha sering kali kita mendengar banyak pengusaha yang mengalami masalah seperti masalah keuangan, modal, pemasaran dan produksi. Masalah-masalah ini timbul sering kali karena kurangnya manajemen bisnis yang baik dalam suatu usaha. Hal ini tentunya dapat menimbulkan kerugian bahkan  kebangkrutan dalam suatu usaha.

Oleh sebab itu, kita sebagai pelaku bisnis harus benar-benar memperhatikan dan memahami mengenai manajemen bisnis yang baik sehingga ketika kita mendapati masalah ataupun kerugian dalam menjalankan usaha, kita dapat mencari Solusi dan alternatif terbaik.

Apa itu Manajemen bisnis?

Menurut George R. Terry manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainya. Jadi, dapat kita pahami bahwa Manajemen bisnis adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya, baik manusia maupun material, untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi atau Perusahaan secara efektif dan efisien. Manajemen bisinis melibatkan beberapa aspek dalam menjalankan sebuah usaha, termasuk strategi, operasional, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia dan lain-lain.

Apa fungsi manajemen bisnis untuk usaha kecil?

Berikut 5 fungsi manajemen bisnis yang tentunya berguna dalam menjalankan  usaha yaitu:

1. Perencanaan (Planning)

Menyusun rencana jangka pendek dan panjang untuk usaha kecil, seperti menetapkan tujuan, strategi pemasaran, dan proyeksi keuangan. Dengan perencanaan yang baik, pemilik usaha kecil dapat menghindari kesalahan yang bisa merugikan dan mengarahkan usahanya ke arah yang benar. Contohnya Merencanakan target penjualan setiap bulan atau merencanakan ekspansi produk.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Mengatur sumber daya, baik itu tenaga kerja, dana, maupun peralatan yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha. Struktur organisasi yang jelas, meskipun sederhana, akan mempermudah koordinasi dan alur kerja dalam usaha kecil. Contonya Menentukan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tertentu, seperti siapa yang menangani keuangan, pemasaran, atau operasional.

3. Pengarahan (Leading)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline