Lihat ke Halaman Asli

Langkah Sederhana Menuju Kesuksesan Anda

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa kabar temen-temen kompasianer? semoga dalam keadaan sehat semua yah, kali ini saya akan menayangkan sebuah tulisan yang berawal dari sebuah pemikiran yang saya analisis sebelumnya, analisis kali ini yaitu mengenai langkah sederhana menuju kesuksesan anda , mungkin sebenarnya saya tidak pantas untuk menuliskan artikel mengenai kesuksesan karna mungkin saya belum menjadi orang besar yang sukses di dunia, namun arti kata sukses itu relative yah setiap orang punya arti tersendiri dalam mengartikan kata sukses, dan kali ini saya akan menganggap diri saya sudah sukses walaupun dalam materi saya tidak punya apa-apa namun saya punya sesuatu yang lain yang nanti akan saya ceritakan.


semua orang butuh dan harus sukses di dunia dan di akhirat, walaupun sebagian orang masih ada yang menggap untuk sukses itu sangatlah sulit apa lagi di jaman sekarang persaingat sangatlah nyata. Tapi menurut saya untuk sukses itu bisa di awali dengan mempromosikan diri dan jadilah orang yang mempunyai kepribadian yang menyenangkan. mengapa? yah karna dari dua unsur itu saya sudah mencapai kesuksesan dan mencapai cita-cita saya yang dulu pernah berpikir “imposible” sekal lagi sukses yang saya maksud adalah sukses menurut pribadi saya yah.


MEMPROMOSIKAN DIRI, mempromosikan diri merupakan suatu kewajiban menurut saya mengapa karena dari mana orang tahu apa yang kamu kuasai jika kamu tidak mempromosikannya, mempromosikan diri bisa dalam suatu tulisan, di perkuliahan dan di lingkungan, di lingkungan sekitar saya tidak pandai mempromosikan diri karna mungkin keahlian saya di bidang IT tidak terlalu diperlukan di pelosok seperti daerah saya, makannya tidak banyak temen2 saya yang hanya lulusan smp/sma yang sudah bekerja sebagai karyawan pabrik,melayangkan pertanyaan,”perasaan kamu sekolah terus , kapan kerjanya?” dan tidak jarang juga saya suka di bandingakan dengan temen2 saya yang sudah bekerja “ tuh lihat si anu mah udah kebeli sepeda motor gede”., kesel sih emang di gituin tapi saya sebagai orang yang dapat memaklumi pemikiran seperti itu hanya bisa mengiakan saja, karna percuma saja kalau saya jelaskan aktivitasku di dunia IT, mungkin mereka tidak akan pernah mengerti, itulah saya yang kurang mempromosikan diri di lingkungan sekitar, tapi jika di lingkungan luar saya cukup sukses, karna saya selalu berusaha mencari celah untuk mempromosikan diri misalnya membuat suatu tulisan, mengenai pribadi saya dan kemampuan saya baik melalui sebuah media di internet maupun dalam percakapan, alhasil walaupun saya orang subang tapi saya di percaya oleh seorang praktisi IT di bandung untuk menangani proyek-proyek IT klientnya, misalnya membuat website fakultas di Kalimantan, membuat aplikasi sms gateway untuk koperasi di Jakarta, dan berbicara di hadapan klient-klientnya yang dulu pernah aku anggap sebagai hal yang mustahil, itu semua di dapat dari mempromosikan diri.


Cara mempromosikan Diri
Terkadang orang dalam mempromosian diri suka malu dan merasa takut jika ucapannya di anggap suatu kesombongan, maka caranya adalah:

1. kemaslah sepandai mungkin perkataan anda untuk mempromosikan diri sehingga tidak menjadi suatu hal yang di anggap kesombongan, misalnya jangan pernah langsung berucap mengenai kelebihan anda di hadapan orang,karna biasanya selain terkesan sombong juga orang akan iri kepada anda tentu anda akan di bencinya maka hindari hal yang seperti itu.

2. Jika anda bertemu dengan orang yang di anggap penting, dan anda ingin mempromosikan diri anda bawalah orang tersebut untuk berbicara membahas hal2 yang mengenai apa yang akan anda promosikan, misalnya saja kelebihan saya di seputar tekhnologi dan orang yang di hadapan saya adalah pimpinan suatu perusahaan,maka saya akan sedikit menyinggung seputar tekhnologi dalam pembicaraannya sehingga nanti akan ada kesempatan untuk mulai mempromosikan diri.

3. Jawablah pertanyaan jika memang kamu menguasainya, misalnya di dalam perkualiahan tidak jarang dosen melayangkan pertanyaan : “ gimana bisa?”,”udah nyoba apa saja?”,itu adalah kesempatan emas bagi anda karena dengan begitu dosen tahu kelebihan anda, ingat dosen biasanya punyak banyak link , artinya anda ada kesempatan untuk sukses lewat dosen tersebut., biasanya pelajar/mahasiswa malu menjawabnya karna takut di anggap sombong oleh teman-teman yang lainnya dan memilih diam, jelas itu hal yang merugikan anda sendiri.


4. Jika ingin di kenal rajinlah menulis. Kata2 tersebut masih terngiang di ingatan saya dari seorang praktisi IT di bandung pak roli namanya : kompasiana.com/awangga, saya di kenalkan sama kompasiana juga lewat dia, makanya saya mulai aktif menulis di media internet, dampak saya menulis adalah di kenal oleh orang2 di belahan dunia, orang akan percaya pada anda lewat tulisan-tulisan yang positif anda. Apa lagi jika anda suka berhubungan dengan orang asing , dengan lewat tulisan sedikit banyaknya anda akan mendapat kesan dari orang lain.


Itulah beberapa cara dalam mempromosikan diri anda, selanjutnya salah satu cara sukses sederhana adalah jadikan orang yang memiliki kepriadian yang menarik, tentu saja hal yang wajib juga kalau menurut saya, rejeki datangnya dari allah s.w.t lewat tangan orang lain tentunya, dengan kepribadian anda yang menarik maka orang lain akan senang terhadap anda, cerita saya di lingkungan kampus, saya berusaha menjadi orang yang berprilaku yang menyenangkan orang dan menjauhi hal2 yang tidak di sukai teman , makanya jangankan punya musuh temen2 ku sangat lah baik, dan tadi sore saya di tawari sebuah pekerjaan di dinas pendidikan agama namun sayangnya saya semester ini ada PKL ( Praktek Kerja Lapangan ) di kampus, saya anggap itu mungkin karna kepribadian saya yang selalu menyenangkan orang lain,dan saya bisa kenal sama praktisi2 IT di bandung juga karan teman saya sekampus yang mengajak saya ke bandung saat itu 3 tahun yang lalu, makanya dua unsur ini menurut saya hal yang wajib jika anda menginginkan sebuah kesuksesan selain bekerja keras tentunya yah.

“Kesuksesan di dapat ketika suatu keahlian bertemu dengan kesempatan”
“allah tidak akan merubah suatu kaum jika kaum itu tidak merubahnya”


Oh ya tulisan saya ini merupakan hasil pemikiran dan analisis menurut saya pribadi , jika banyak kesalahan saya mohon maaf dan tolong di kritik.
semoga bermanfaat bagi temen-temen kompasianer…
Salam sukses….




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline