Lihat ke Halaman Asli

Alya Zahra

Be Smart

Pentingnya Tabel bagi Sebuah Data

Diperbarui: 23 Februari 2022   21:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tabel data - foto : www.pooc.org/

Tabulasi merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi Anda yang baru berkecimpung di dunia data. Tabulasi secara sederhana adalah kegiatan memasukkan data ke dalam tabel-tabel dengan tujuan agar lebih sederhana, teratur, dan mudah dipahami. Seberapa penting sih sebuah tabel bagi data? Berikut pembahasannya.

1. Memudahkan Proses Pengamatan dan Evaluasi

Kegiatan tabulasi dapat menciptakan data yang terstruktur, teratur, dan tersusun rapi sesuai kategori-kategori yang ditetapkan. Hal ini berdampak positif dalam mempermudah proses pengamatan dan evaluasi data secara menyeluruh.

2. Data Lebih Ringkas dan Padat

Beberapa hasil analisa dan penelitian biasanya menghasilkan banyak sekali data yang sulit untuk diperoses ketika belum disusun dan dirapikan. Nah dengan membuat tabel ini, data-data akan menjadi lebih ringkas dan padat sehingga mudah untuk dipahami.

3. Lebih Mudah Menemukan Hasil dan Kesimpulan

Tabulasi juga penting untuk mempermudah dalam menemukan hasil dan kesimpulan dari data yang ada. Apalagi tabulasi yang dilakukan lewat komputasi menggunakan rumus-rumus perhitungan otomatis sehingga data dapat ditemukan hasilnya dengan lebih cepat.

Selain tiga hal utama di atas, tabulasi sebenarnya punya banyak kegunaan lain seperti mempermudah dalam penyampaian atau presentasi data ke orang lain, mempersingkat isi data, menyederhanakan data, data lebih mudah dipahami, serta mempermudah dalam penyimpanan data.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline