Lihat ke Halaman Asli

Ulil Albab

Mahasiswa

Mengenal Cloudflare

Diperbarui: 4 Juli 2022   15:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cloudflare

Baru-baru ini server Cloudflare tepatnya tanggal 21 Juni 2022 lalu sempat down, namun langsung ditanggapi dan diatasi oleh teknisi Cloudflare, sehingga hanya memerlukan beberapa jam saja untuk memulihkan server yang membuat kebanyakan website dan aplikasi tidak dapat diakses.

Cloudflare ini ternyata sangat penting, gangguan sebentar mengakibatkan banyak hal menjadi terganggu. Banyak website yang menggunakan layanan ini, karena Cloudflare ini membantu menghemat resource server website dan user.

Apa itu Cloudflare?

Cloudflare ini merupakan jaringan pengiriman data yang ditemukan pada September 2010 oleh Matthew Prince, Lee Holloway dan Michelle Zatlyn. Cloudflare berperan sebagai proxy untuk menghubungkan website / aplikasi dengan user.

Cara kerja Cloudflare yaitu semua user yang mengunjungi website akan melewati Cloudflare terlebih dahulu dengan mengoptimalkan pengiriman data antara user dengan website yang akan diakses. Dalam hal ini Cloudflare akan menghentikan apapun yang terdeteksi menggunakan jaringan yang berbahaya, contohnya seperti internet bot dan hacker.

Cloudflare

Seperti pada gambar, jika ada pengunjung yang terdeteksi memakai jaringan yang berbahaya, maka akan diblock oleh server Cloudflare.

 

Manfaat dan Fungsi Cloudflare

Cloudflare memiliki banyak fungsi dan manfaat, seperti

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline