Lihat ke Halaman Asli

CENGHAR

PPK ORMAWA HIMASIERA IPB University

Gandeng Himasiera Mengajar, Tim PPK Ormawa Himasiera Adakan Edukasi tentang Tanaman kepada Murid PAUD Nurul Islam

Diperbarui: 27 Juli 2024   06:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi kegiatan pojok PANGAJAR PPK Ormawa Himasiera IPB University di PAUD Nurul Islam, Desa Neglasari, Dramaga. Sumber: dokumentasi pribadi.

Pada tanggal 26 Juli 2024, Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Peminat Ilmu-Ilmu Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (Himasiera) IPB University bersama dengan Tim Himasiera Mengajar menyelenggarakan kegiatan edukasi tentang tanaman. Kegiatan ini diselenggarakan di Paud Nurul Islam, Kecamatan Dramaga, Desa Neglasari, dan dihadiri oleh 32 murid PAUD Nurul Islam.

Pojok literasi PANGAJAR sendiri merupakan program yang dibentuk oleh Tim PPK Ormawa Himasiera yang bertujuan agar anak-anak lebih mengenal terkait pengertian tanaman, jenis-jenis tanaman, fungsi tanaman dan manfaat tanaman terutama Tanaman Obat Keluarga (TOGA). Hal ini juga dilakukan untuk membina anak-anak agar mengetahui pentingnya tanaman dalam kehidupan dan beragam manfaat yang diberikan oleh tanaman sejak dini.

Pada pertemuan kedua pojok literasi PANGAJAR ini, Tim PPK Ormawa Himasiera berkolaborasi dengan Tim Himasiera Mengajar yang merupakan salah satu program kerja dari Divisi Community Development di Ormawa Himasiera. Himasiera Mengajar sendiri adalah sebuah program belajar mengajar yang dilakukan oleh Himasiera dan relawan pengajar yang berasal dari mahasiswa SKPM.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi terkait bagian-bagian tanaman beserta fungsinya. Edukasi diberikan melalui permainan tebak-tebakan dan menggunakan media pembelajaran berupa gambar yang menarik, sehingga dapat menarik antusias anak-anak. Selain adanya pemberian materi, para pengajar juga mengadakan kegiatan mewarnai gambar tanaman untuk mengasah motorik dan kreativitas anak-anak.

Pemberian materi terkait bagian-bagian tanaman beserta fungsinya kepada murid PAUD Nurul Islam, Desa Neglasari, Dramaga. Sumber: dokumentasi pribadi

Nisa, selaku guru Paud Nurul Islam menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat bagi anak-anak karena dapat meningkatkan pengetahuan tentang tanaman.

“Kegiatan untuk hari ini sangat bermanfaat dan interaktif, anak-anak mulai menyebutkan bagian-bagian tanaman dan belajar mewarnai pohon. Anak-anak sangat senang dan antusias”. Ujar Nisa.

Para murid Paud Nurul Islam sangat antusias dengan kegiatan yang diselenggarakan ini. Kegiatan ini membantu meningkatkan kesadaran anak-anak tentang pentingnya kehadiran tanaman bagi lingkungan dan kehidupan. Harapannya kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, serta dapat membangun kesadaran tentang pentingnya mengenalkan tanaman sedari dini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline