Lihat ke Halaman Asli

Celia Retnoningrum

Mahasiswi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mengenal Teori Sosiologi Pengetahuan Karl Mainnheim

Diperbarui: 22 Oktober 2023   20:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Kegiatan Projek Novo Club di TK Dharma Bakti 2 

Menjadi seorang mahasiswa adalah sebuah keberuntungan.Karena tidak semua anak muda dapat merasakannya. Itu lah yang saya rasakansebelum menjadi seorang mahasiswa seperti saat ini. Oleh karena itu saya inginmemanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Saya senang mengikuti kegiatanberorganisasi maupun komunitas. Sehingga saat semester satu saya mengikutikomunitas Novo Club by Paragon batch 2. Kegiatan ini diikuti oleh seluruhmahasiswa baru dari semester satu hingga tiga di seluruh Indonesia. Kegiatanyang dilakukan adalah kelas materi kepemimpinan. Kelas tersebut dilaksanakanpada bulan Maret hingga April 2023 secara virtual. Selanjutnya yaitu pembagiangrup projek sesuai dengan domisili. Kegiatan ini dilakukan untukmengimplementasi apa yang telah didapatkan selama mengikuti kelas kepemimpinan.Akan tetapi sebenarnya saya dilarang mengikuti kegiatan tersebut oleh orang tuasaya. Karena dianggap membuang waktu serta tenaga. Kemudian dianggap tidakmenunjang nilai akademis di perkuliahan.Menurut saya pengalaman yang sayarasakan ini merupakan contoh dari teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim. Karenasosiologi pengetahuan sendiri melihat pada fenomena sosial yang berkaitan  dengan pemikiran serta pengetahuan yang adadalam masyarakat. Alasan lain yaitu karena perbedaan pemahaman antara sayadengan orang tua. Saya menganggap bahwa dengan mengikuti kegiatan di luarkampus akan  memberikan banyak manfaat. Sedangkanorang tua saya berpendapat sebaliknya.

Saya mengenal teori sosiologi pengetahuan Karl Mainnheimdari jurnal : Sosiologi Pengetahuan Telaah Atas Pemikiran Karl Mainnheim Pedagogy,Vo lume 3, Number 1, 2020. Sosiologi pengetahuan Karl Mainnheim dalam jurnalini dijelaskan bahwa terdapat relasi antara manusia dan pengetahuan. Menurut KarlMainnheim sendiri terdapat cara berpikir yang tidak dapat dipahami dengan baikapabila kita belum mengetahui asal mula sosial tersebut. Kemudia sosiologi pengetahuanbisa disebut juga dengan sosioanalisa. Sosioanalisa sendiri bisa merupakanstudi mengenai biografi maupun autobiografi. Dalam pemahaman saya teori sosiologimodern dari Karl Mainnheim ini terdapat istilah weltanschaung (wordview). Mannheim meiliki pandangan bahwa weltanschauungmerupakan  suatu di luar pemekiran. Akantetapi bukan berarti di luar nalar serta dapat dipahami secara rasional. Weltanschauungmemiliki dua konsep yaitu rasional dan irasional (rasionalistik). Konsep rasional berarti merupakan pandangan yang logis. Sedangkan rasionalistik memiliki arti bahwa sebenarnya pandangan bukan hanhya rasional dan tidak rasional melainkan sifat nya tidak dapat diterapkan pada kategori rasionalitas.

Teori sosiologi pengetahuan ini diperkenalkan oleh KarlMainnheim.Mainnheim merupakan seorang sosiolog kelahiran Hongaria pada tanggal 27 Maret 1893. Serta meninggal di London pada tanggal 9 Januari 1947. Sebelumnya ia mengenyam Pendidikan di Universitas Budapest serta mendapat gelar doktordalam studi filsafat  nya. Selanjutnya iamemilih untuk melanjutkan di Universitas Berlin, Jerman. Di sana ia dapat beradaptasidengan mudah  karena terikat denganbudaya dan filsafat Jerman.selanjutnya Max weber lah yang paling  berpengaruh dalam karir akademisnya. Hinggamembuat ia terjun di bidang sosiologi. Pemikiran dari Karl Mainnheim sendiri banyak dipengaruhi oleh Karl Marx. Kemudian karya dari Karl Mainnheim sendiri banyak di terbitkan di majalah ternama di Jerman.

 

Sumber:  Hamka Hamka, "Sosiologi Pengetahuan: Telaah Atas Pemikiran Karl Mannheim,"Scolae: Journal of Pedagogy 3, no. 1(2020): 76--84, https://doi.org/10.56488/scolae.v3i1.64.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline