Lihat ke Halaman Asli

Celestine Patterson

TERVERIFIKASI

Hotelier: Hotel Management, Sales Leader, Management Hospitality

3 Objektif Strategis Hotel Tanpa Bergantung pada Segmen Pemerintah

Diperbarui: 28 Agustus 2023   19:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Segmentasi market adalah salah satu strategi bisnis. (Image by Freepik)

Segmentasi pasar bisnis hotel memiliki area yang kompleks. Dampak dari pandemi menyisakan beberapa segmen yang semula tambun menjadi ciut.

Segmentasi market adalah salah satu strategi bisnis. Tujuannya mengelompokkan pasar dominan yang disosor agar bisnis stabil dengan pemasukan yang konstan.

Sebut saja pasar offline yang masih bertahan saat ini, Corporate dan Government. Kemudian pasar online didominasi online travel.

Biro travel terlindas Online Travel Agent (OTA). Sedangkan segmen Airline mengikuti destinasi pesawat ke kota-kota tertentu. Travel agent dan Airline contoh segmen yang kian menyempit.

Secara garis besar, pasar unggulan bagi tim penjualan terdiri dari:

1. Corporate (Perusahaan swasta, BUMN)

2. Government (Kementrian, instansi, Pemkot, Pemda)

3. Online Travel Agent (OTA), (aplikasi online)

4. Direct Reservation, paket promosi

5. Tamu Walk-in

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline