Lihat ke Halaman Asli

10 Pecinta Otomotif Tergila di Dunia

Diperbarui: 12 Agustus 2015   03:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dari mulai pentolan band ternama, desainer busana, pembawa acara, sampai salah satu kepala negara di Asia ternyata punya hobi yang seragam: koleksi mobil mewah. Hebohnya lagi, koleksinya mencapai ribuan mobil--sebuah angka yang mencengangkan. Siapa sajakah mereka?

Dunia otomotif selalu memang selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Sebab, kepemilikan kendaraan, terutama mobil mewah, acap kali dianggap sebagai simbol pencapaian finansial yang paling ideal bagi sebagian orang.

Selain itu, menurut pengakuan mereka, ada kebanggaan tersendiri saat mempunyai dan mengoleksi barang yang disukai. Bahkan, tidak jarang kebiasaan mengoleksi ini berujung kepada kecanduan. Penasaran dengan profil kolektor mobil mewah terbanyak di dunia? Berikut adalah daftarnya.

Wyclef Jean dan Nick Mason

Foto: Wikimedia.org

Foto: Wikimedia.org

Penyanyi hip hop Wyclef Jean dan drummer Pink Floyd, Nick Mason, bukan hanya bertukar saling bertukar cerita tentang musik, namun juga berbagi kepemilikan mobil mewah. Keduanya memiliki lebih dari 40 mobil dan garasi spesial tempat mereka menyimpan koleksinya tersebut. (Baca juga: 10 Mobil Termahal 2014)

Wyclef sendiri memiliki koleksi mobil yang terdiri dari McLaren F1, Ferrari, mobil pabrikan asal Italia Pagani Zonda, Cadillac dan Humvee. Ia juga memiliki satu mobil Hummer lain yang sudah dimodifikasi dan dilengkapi dengan akuarium di dalamnya.

Nick Mason, di sisi lain, memiliki preferensi khusus didalam memilih mobil. Ia suka dengan mobil super-sport pabrikan asal Italia yang memiliki nilai sejarah. Beberapa mobilnya adalah Bugatti T35, Aston Martin LM18, Ferrari 213 T3, McLaren F1, Porsche 962, dan Ferrari 250GTO yang terkenal, seharga 23 juta poundsterling atau setara dengan Rp482 miliar.

Ralph Lauren

Foto: Wikimedia.org

Perancang dan produsen pakaian asal Amerika Serikat, Ralph Lauren, memang lebih dikenal dengan hasil karyanya, yaitu desain kaos “Polo”. Namun, di dunia otomotif, Lauren dikenal dengan koleksi mobilnya yang seluruhnya berwarna merah metalik setiap kali ia menunjukkannya di sebuah pameran.

Kecepatan, gaya dan keindahan adalah benang merah yang menyatukan kombinasi eksentrik koleksi mobilnya, yang terdiri dari  Ferrari, Alfa Romeo roadster, Bugatti, Mercedes-Benz, Bentley, Jaguar, McLaren F1 dan masih banyak lagi. Jumlah total koleksi mobil Lauren mencapai lebih dari 60 buah dengan 98 persen diantaranya berwarna merah serta memiliki rangka yang berwarna putih yang dibuat khusus di garasinya—yang dilapisi karpet berwarna hitam—yang terletak di Kota New York, Amerika Serikat.

Jay Kay

Foto: Wikimedia.org

Disamping hobi mengoleksi topi, pentolan band Jamiroquai, Jason Luiz Cheetham atau lebih akrab  disapa Jay Kay, memiliki ketertarikan tersendiri terhadap mobil. Penyanyi kelahiran Inggris yang pernah menjadi pemenang Grammy Award ini memiliki koleksi mobil sedikitnya sebanyak 68 buah yang terdiri dari Porsche, Ferrari, Rolls Royce, Lamborghini, Mercedes-Benz, Bugatti, Maserati, Chevy, Aston Martin serta masih banyak lagi. Ia bahkan mempunyai Mercedes 600—sebuah mobil mewah yang menjadi favorit para selebriti—yang sebelumnya dimiliki oleh Coco Chanel. (Baca juga: Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Beli Mobil Bekas)

Dmitry Lomakov

Foto: Twitter.com

Bagi Anda yang hobi berwisata keluar negeri, cara terbaik untuk melihat-lihat koleksi mobil di Rusia adalah berkunjung ke museum mobil dan motor antik yang dibuat oleh keluarga Lomakov yang dikepalai oleh Dmitry. Saat ini, selain sebagai direktur museum tersebut, Dmitry juga menjadi presiden klub mobil dan motor klasik Retromotor.

Selama 40 tahun, Dmitry telah mengoleksi 120 mobil dan motor antik, termasuk mobil mewah klasik buatan tahun 1977 asal Rusia, Chaika GAZ-13. Belakangan ini, ia juga membuat heboh media dengan membeli sebuah mobil Mercedes-Benz yang sebelumnya dimiliki oleh Adolf Hitler di sebuah rumah lelang swasta yang biasa dipakai pada zaman Hitler.

 Gerard Lopez

 

Foto: Genii-capital.com

Ketua Tim Lotus F1, Gerard Lopez, seorang pengusaha kelahiran Luxemburg yang juga merupakan pemilik Genii Capital dan Mangrove Capital Partners—sebuah perusahaan pemodal ventura yang fokus didalam mengembangkan teknologi seperti Skype—dikenal memiliki koleksi mobil yang banyak diminati para penggemar otomotif. (Baca juga: 7 Mobil Murah, Hemat, dan Irit BBM 2015)

Dikutip dari artikel “The best car collection… in the world?” yang dimuat secara online oleh Top Gear, koleksi mobil Lopez diantaranya adalah tiga buah Ferrari (seri 365 GT 2+2, 330 GT dan BB512i), sebuah Lister Jaguar XJS, sebuah Maserati Ghibli, sebuah Lotus Esprit Sport 300 dan sebuah Cadillac Fleetwood keluaran tahun 1968.

Mukesh Dhirubhai Ambani

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline