Lihat ke Halaman Asli

Gorila Bisa Melakukan Permainan "Hit And Run"

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Protected by Copyscape Online Copyright Protection

Jurnal online Biology Letters tanggal 14 Juli 2010 merilis bahwa para ilmuwan berhasil mengungkapkan  bahwa  Gorila  bisa memainkan permainan Hit And Run seperti yang lakukan oleh manusia. Untuk mempelajari permainan perang-perangan  antara gorila tersebut,  21 buah rekaman  video  kera dari enam koloni di lima kebun binatang Eropa dianalisis dan dikumpulkan oleh ilmuwan selama tiga tahun.

Menurut peneliti Marina Ked Ross seorang ahli biologi tentang perilaku hewan dari  Universitas Portsmouth Inggris, penelitian tersebut tidak hanya mengamati bagaimana gorila memukul  dan melarikan diri dari kejaran  teman-temannya tetapi sebaliknya mereka juga mengalihkan peran mereka  menjadi pemburu yang mengejar lawan-lawannya. Jadi ada banyak kesamaan dengan permainan Hit And Run anak-anak.

Selama permainan, para gorila menunjukkan wajah melongo dan mengejar  gorila-gorila  yang memukul mereka. Pukulan keras saat mengejar sering terjadi dibandingkan dengan pukulan lembut.

Permainan Hit and Run ini menunjukkan perilaku yang relatif tidak adil, di mana gorila yang memulai permainan akan  mencoba pergi dengan menandai  sesama teman bermain  lewat pukulannya tanpa mendapatkan pukulan balik. Permainan ini  mungkin dapat membantu kera dan manusia untuk belajar bagaimana menangani konflik nyata dengan menguji apakah mereka merasa aman berada di kerumunan teman dan orang tuanya. Peran mereka  sebagai pemburu dan yang dikejar ternyata bisa membantu kera mempertajam kemampuan komunikasi mereka.

Para peneliti mengatakan ini adalah studi pertama yang secara sistematis menganalisis bagaimana kera menanggapi situasi yang tidak setara dalam suasana yang relatif alami karena penelitian sebelumnya dilakukan di laboratorium. Menurut Ked Ros, perilaku gorila dalam permainan tersebut bisa saja terjadi pada Simpanse dan Owa.

Gorilla dapat melakukan permainan Hit and Run Credit: Elke Zimmermann.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline