Lihat ke Halaman Asli

Citra Lestari

Mahasiswi

Memahami Interaksi Ekonomi dan Lingkungan Hidup untuk Pembangunan Berkelanjutan

Diperbarui: 30 November 2023   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kompas.com, 22 Desember 2022

Pembangunan ekonomi dan pelestarian lingkungan seringkali dianggap sebagai dua hal yang bertentangan. Para pelaku bisnis khawatir bahwa pelestarian lingkungan akan menghambat pertumbuhan ekonomi. Sementara itu, para pegiat lingkungan menganggap aktivitas ekonomi seringkali merusak alam.

Padahal, ekonomi dan lingkungan hidup sebenarnya saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain. Pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya.

Untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan, kita perlu memahami interaksi antara sistem ekonomi dan ekologi. Pertumbuhan ekonomi yang pesat tanpa memperhatikan daya dukung lingkungan akan berdampak buruk dalam jangka panjang. Sebaliknya, upaya pelestarian lingkungan tanpa memperhatikan kebutuhan ekonomi juga tidak efektif.

Beberapa solusi yang dapat dilakukan antara lain, menerapkan mekanisme pasar yang mendorong perilaku ramah lingkungan melalui skema pajak, subsidi, dan perdagangan emisi. Kedua, menginvestasikan dalam inovasi teknologi hijau. Ketiga, mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukungnya. Keempat, mengintegrasikan nilai-nilai pelestarian lingkungan dalam kebijakan dan perencanaan pembangunan.

Dengan pendekatan yang tepat, pembangunan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup dapat berjalan beriringan. Kita bisa mewujudkan masyarakat yang makmur secara ekonomi dan lestari secara ekologi. Namun, hal ini memerlukan komitmen dan kerja sama dari semua pihak, termasuk pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat.P




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline