Lihat ke Halaman Asli

Sesilia Hevitasari

Mahasiswa UINMA

Akademik Tadris MTK (Resume 1 PBAK-Prodi 2023)

Diperbarui: 27 Agustus 2023   16:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada Jum'at, 25 Agustus 2023

  • Pemateri pertama Bu Arini

    • Pembahasan mengenai Prodi tadris matematika, bahwa di Prodi ini kita tidak hanya diajarkan matematika tetapi juga bermatematika. Yang dimaksud dengan ber matematika tidak hanya tentang cara menghitung atau berhitung tapi juga cara mengajarkan tentang menghitung dari asal muasalnya.

    • Sejarah tadris matematika sebenarnya tadris matematika ini telah ada sejak dulu. Saat UIN yang masih menggunakan nama IAIN, tetapi karena suatu hal akhirnya apa dari tadris matematika dihentikan untuk sementara waktu, hingga nama  kampus berubah menjadi UIN barulah diaktifkan kembali pada tahun 2017.

    • Kenapa kita harus bangga dengan tadris matematika  UIN Malang?  karena berbeda dengan pendidikan matematika di Univ lain di sini kita memiliki ciri khas yaitu tidak hanya membahas tentang pendidikan matematika atau perhitungan dan lain-lain, tetapi juga diimbangi dengan ilmu agama seperti Alquran dan hadis. Bu Arini di sini sebagai konsultan dari suatu masalah di akademik ataupun Prodi Tak hanya itu sebelum ke Bu Arini dan Bu Ulfa mahasiswa dianjurkan ke dosen Wali terlebih dahulu.

  • Pemateri kedua Bu Ulfa

    • Pembahasan kali ini yaitu tentang karakteristik dari seorang mahasiswa. Dalam menjadi mahasiswa maka harus memiliki sifat Mandiri karena telah menjadi Maha dari para siswa alias mahasiswa. Karena saat menjadi mahasiswa maka akan dibebaskan sesuai karakteristik mereka sendiri tidak ada yang mengingatkan atau memperhatikan maka harus bertanggung jawab pada diri sendiri.

    • Untuk mendapatkan ilmu yang berkah kita memiliki prinsip yaitu Mencintai. tidak hanya mencintai pelajarannya tetapi juga harus mencintai dosennya. Apabila keduanya tidak ada maka ilmu itu tidak akan bertahan lama. Dan dalam menuntut ilmu yang terpenting adalah niat Karena untuk mencari ilmu harus memiliki niat yang baik dan jangan terlalu banyak mengeluh.  

    • Dalam Akademi ada aturan yaitu wajib masuk minimal 80% untuk semester awal apabila tidak ada dosen, maka harus menghubungi, dan menghubunginya menggunakan etika saat jam kerja serta jangan pernah terlambat.  Tak hanya itu kontrak kuliah menggunakan etika terutama etika baju yang masuk aspek nilai perkuliahan dan berisi tata tertib mahasiswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline