Sebelum menginjak mengenai pembahasan utama, mari kita simak pengertian dari media pembelajaran. Menurut AECT (Assosiation of Etducation and Communication Technology) media pembelajaran adalah sebagai segala bentuk dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Media dapat diartikan sebagai sesuatu yang berwujud sebagai alat untuk menyampaikan pesan pembelajaran.
Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa media adalah sarana untuk mengantarkan pesan pembelajaran agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan.
Lalu apakah pengggunaan media ini berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam pembelajaran mufradat?
Berhasil tidaknya pembelajaran dapat terlihat ketika dilakukan penelitian. Karena dibutuhkan data yang nyata melalui t- test dan post- test. Selain itu dapat dilihat juga melalui observasi peneliti dan wawancara dengan para siswa.
Salah satu kemajuan dalam dunia pembelajaran adalah berpindahnya model pembelajaran dari behaviorisme menjadi cognitive contactivisme. Contoh implementasinya yaitu para siswa dituntut untuk lebih aktif di kelas sehingga pembelajaran tidak terkesan satu arah. Dengan begitu pusat informasi bukan hanya Maka penggunaan media sangat penting dalam menciptakan suasana belajar aktif di kelas.
Terdapat tiga alasan mengapa penggunaan media sangat penting dalam pembelajaran mufradat. Pertama media suatu hal menarik bagi siswa dalam proses pembelajaran sehingga membuat mereka semakin semangat dalam belajar. Karena dengan adanya media akan menjadi pusat perhatian para siswa di dalam kelas. Dan mengembalikan kefokusan mereka ketika belajar.
Kedua sarana pemahaman siswa dalam menyampaikan materi . Dalam memaknai mufradat penggunaan media sangat penting agar siswa berlatih untuk berpikir mengenai makna setiap mufradat. Para siswa juga dilatih untuk cepat tanggap dalam memahami mufradat melalui media. Sehingga media sangat berperan dalam memudahkan siswa memahami materi.
Ketiga membuat suasana pembelajaran terkesan lebih aktif dan tidak membosankan. Tentunya melalui media para siswa harus berpikir mengenai arti mufradat yang diajarkan.
Hal ini membuat suasana kelas menjadi lebih aktif dan ramai karena harus menjawab arti dari mufradat. Dan penggunaan media juga dapat menghilangkan kejenuhan di kelas sehingga suasana belajar terkesan tidak membosankan.
Point dari artikel ini adalah penggunaan media dalam pembelajaran mufradat itu sangat penting untuk mempermudah para siswa dalam memahami kosakata bahasa arab.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H