Lihat ke Halaman Asli

Cahyo TriAprianto

Nama: Cahyo Tri Aprianto, TTL: Kudus 25 April 1984, Alamat: Grand Residence Cluster Prapanca 2 BB07/02, Setu - Bekasi

Makanan yang Enak Saat Hujan

Diperbarui: 5 September 2020   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: food.grab.com

1. Mie Rebus

Hujan-hujan, pastinya akan membuat kita malas untuk beranjak dan keluar rumah. Ditambah suhu sekitar menjadi dingin tentunya membuat kita semakin lapar. Karena malas untuk membeli makanan, solusi lainnya yang paling mudah pasti bisanya memasak mi rebus. Ya mi instan adalah makanan paling populer, terutama anak mahasiswa. Biasanya pasti kita stok di rumah dan akan jadi makanan istimewa saat musim hujan tiba. Mi rebus paling nikmat saat dihidangkan dan disajikan hangat-hangat dengan variasi sayuran ataupun telur membuat kita semakin semangat untuk menikmatinya dan tak lupa jika ada kerupuk mampu membuat kita lupa suara rintik-rintik hujan. 

2. Jagung Bakar 

Selain mi rebus, jagung merupakan makanan murah meriah yang rasanya tak kalah lainnya adalah jagung. Jagung baisanya seringkali diolah dengan cara direbus atau dibakar. Untuk jagung yang dimasak dengan cara dibakar, sebaiknya pilih jagung yang muda, agar tidak terlalu keras saat kita menggigit maupun mengunyahnya. Jagung bakar paling enak dinikmati waktu turun hujan dan disajikan saat hangat. Jagung kaya akan kandungan vitamin B kompleks, serat, dan antioksidan. 

3. Pisang Goreng

Makanan ini tidak asing di telinga kita, ya siapa sih yang ga kenal? Kita harus bersyukur hidup di iklim yang tropis. Karena dengan iklim tersebut pisang dapat tumbuh dengan baik, selain itu di iklim tersebut banyak varietas jenis pisang yang bisa tumbuh dan berbuah. Pasti gak ada yang meragukan kelezatan makanan yang satu ini. Penyajian pisang inipun tergolong unik karena setiap daerah menyajikannya dengan cara yang berbeda. Sebagian di Jawa biasanya menyantap pisang goreng begitu saja, dengan ditemani kopi atau teh hangat. Lain halnya di Manado maupun Makassar, pisang goreng dinikmati dengan sambal dabu-dabu serta sambal roa.

4. Singkong Goreng

Singkong mempunyai nama lain yang disebut ketela pohon. Makanan ini terkenal dalam hal kelezatan, berbagai jenis olahan bisa disuguhkan hanya  bermodalkan dengan singkong saja. Makanan gurih, manis, bahkan asin sekalipun bisa dibuat dengan mudah. Salah satu sajian yang paling sering kita jumpai adalah singkong goreng. Sedikit tips buat kamu yang ingin mengolah umbi-umbian ini, cobalah untuk mengukusnya terlebih dahulu sebelum digoreng, karena hal itu akan menghindarkan kamu dari tekstur makanan yang keras dan justru akan jauh lebih krispi tanpa ditambah apapun lagi.

5. Kacang Rebus

Di pinggir jalan juga menjualnya bersama jagung, kedelai dan ubi yang dikukus, sehingga tak terlalu sulit ditemukan.

Bila Anda suka kacang rebus, Anda mendapatkan nikmat ganda, selain rasa ternyata camilan ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kesehatan yaitu menjaga jantung kita tetap sehat dan membuat kulit wajah kita menjadi cerah karena kaya akan kandungan vitamin E. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline