Lihat ke Halaman Asli

Catherine Cynthia

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta Jurusan Ilmu Komunikasi

Iklan Menarik Versi McDonalds

Diperbarui: 20 November 2020   22:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: mcdonalds.co.id

Saat ini perkembangan ekonomi suatu negara sangat penting untuk kemajuan negara itu sendiri. Ekonomi yang digerakkan oleh pasar perlu menggunakan iklan sebagai saran menjual barang atau jasa kepada konsumen baik lingkup domestik atau global. Dengan adanya iklan komersial pun, perusahaan dapat menarik minat konsumen untuk mengikuti kampanye pemasaran dan iklan yang diadakan.

Untuk membuat suatu ka agar iklan yang dimpanye pemasaran dibutuhkan kreatifitas yang tidak terbatas agar iklan yang dibuat mendapatkan feedback yang baik pula. Terkait hal tersebut, saat ini cukup banyak agensi-agensi periklanan yang berdiri untuk memenuhi kebutuhan para pengusaha untuk merancang periklanan jasa atau barang mereka.

Agensi-agensi periklanan yang saat ini memiliki nama besar karena keberhasilannya membawa nama klien-klien mereka menjadi besar salah satunya adalah McDonald's di bawah naungan Omnicom Group sebagai agensinya.

McDonalds merupakan restoran cepat saji terbesar di dunia yang didirikan pertama kali di California, Amerika Serikat pada tahun 1955. Saat ini McDonalds tersebar di 100 negara dengan ribuan retoran yang salah satunya berada di Indonesia

 McDonalds pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1991 tepatnya di daerah Sarinah, Jakarta dan saat ini berkembang semakin luas di berbagai kota di Indonesia. Untuk menarik minat masyarakat Indonesia tentu harus melihat pasarnya terlebih dahulu seperti bagaimana persisnya selera makanan di Indonesia dan melakukan iklan pemasaran mengenai McDonalds.

Hingga saat ini, McDonalds Indonesia terus berinovasi dengan mengembangkan menu-menu lalu mengiklankannya. Iklan komersial yang dilakukan oleh McDonalds tidak hanya melalui web atau televisi tetapi juga melalui media sosial seperti Instagram.

Sumber: mcdonaldsid (Instagram)

Salah satu iklan yang mampu menarik minat masyarakat adalah adanya varian menu yang menerapkan rasa kuliner Indonesia seperti Burger Nasi Goreng Spesial yang menggunakan rempah-rempah Indonesia serta Cone Cop Es Teler yang mana Es Teler merupakan khas dari Indonesia.

Iklan McDonalds di Indonesia melalui Instagram-nya @mcdonaldsid juga memiliki kesan yang lebih sinematik dengan feed-nya yang dominan animasi dan juga berisi promo-promo menu untuk menarik minat masyarakat Indonesia yang secara umum mengejar promo makanan. 

Sedangkan pada akun Instagram @mcdonaldsuk milik McDonalds di UK, feed-nya lebih mengarahkan ke iklan makanan yang seakan-akan dekat dengan peminatnya serta lebih realistis dengan mengurangi animasi di dalamnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline