Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan Geladi Hominisasi UNPAR

Diperbarui: 26 Oktober 2022   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa sih geladi hominisasi itu? Geladi Hominisasi adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Katolik Parahyangan dengan tujuan untuk memanusikan manusia. 

Kita semua sebagai manusia diciptakan untuk memiliki kelebihan dibandingkan makhluk lain, kita memiliki intelektualitas dan kehendak bebas. 

Memanusiakan manusia maksudnya mengajarkan kita untuk dapat menggunakan akal-budi dan kehendak bebas dengan sebaik-baiknya, agar menjadi orang yang tidak hanya memiliki kecerdasan saja, namun juga baik dalam bersikap.

Kegiatan Hominisasi dilaksanakan pada tanggal 22 Oktober 2022. Pada H-1 diminta untuk mengerjakan tugas pra geladi yang isinya mengenai sosial budaya, lagu nasional, dan peran generasi muda, setelah itu akan diberikan daftar kelompok dan link zoom. Hari kedua, saya mengikuti acara nya yang berkisar sekitar 5 jam. 

Sesi awal, kami semua mendengarkan kata sambutan dari para mentor kelompok. Lalu, saya dan kelompok mempersiapkan presentasi yang temanya mengenai Hari Penerbangan Nasional. Setelah itu, kami langsung presentasi dan semuanya berjalan dengan lancar dan baik. 

Pada akhir acara, dipilih kelompok - kelompok terbaik untuk dijadikan pemenang. Tidak sampai itu saja, akhirnya kami diberikan evaluasi dan penegasan kembali mengenai makna dari Acara Hominisasi. 

Selama mengikuti acara ini, saya menyadari bahwa manusia sering kali lemah pada pengendalian diri, maka dari geladi ini diajarkan untuk tetap bersabar dalam melawan godaan, seperti main hp ataupun mengerjakan hal - hal lain yang tidak berhubungan.

Menurut saya, setelah mengikuti geladi Hominisasi penggunaan logika dan bahasa diperlukan untuk membuat kalimat yang masuk akal juga berbicara dengan benar, karena dengan berbahasa akan langsung menunjukkan identitas kita, sehingga ketika orang lain mendengarkan kita, tidak akan bingung dan langsung mengerti. 

Dengan adanya geladi ini, saya jadi lebih memahami mengenai teknik presentasi secara online dengan lebih baik. Ternyata untuk mengembangkan skill public speaking tidaklah mudah, butuh latihan agar lebih percaya diri dan tidak terpatok untuk membaca. Dari geladi Hominisasi ini, dapat diterapkan dalam kehidupan perkuliahan sebagaimana biasanya dalam setiap jurusan pasti akan membutuhkan skill presentasi yang baik untuk mengutarakan hasil dari tugas - tugas. 

Ada cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan berbahasa kita, yaitu ketika kita mendapatkan informasi pahami dan analisis dahulu maksud dari informasi nya. Jangan sampai terlalu cepat berbicara tetapi salah pengertian. Kemudian menentukan apa yang menjadi inti atau pokok pembicaraan agar tidak bertele - tele, sehingga para pendengar tidak lelah dan bosan untuk memperhatikan kita.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline